Mazda Terus Mendorong Teknologi Rotary

Sabtu, 19 September 2015 - 18:21 WIB
Mazda Terus Mendorong Teknologi Rotary
Mazda Terus Mendorong Teknologi Rotary
A A A
FRANKFURT - Mazda terus mendorong melakukan pengembangan mesin rotary. Perusahaan masih berambisi membawa seri RX sebagai ikon mobil sport dari Mazda, yang menggunakan teknologi Wankel.

Pabrikan asal Jepang ini telah menghentikan produksi mobil sport bermesin rotary terakhirnya, dan kembali dengan RX-8 2012. Mazda membangun prototipe turbocharged RX-8, akan tetapi mobil ini gagal memenuhi persyaratan Eropa, dan pengembangan lebih lanjut tidak bisa dibenarkan atas penjualan di Jepang saja.

"Perusahaan masih memiliki tim engineering yang fokus pada pengembangan mesin rotary dan saat ini stafnya bekerja sangat giat membawa teknologi sampai ke mesin standar piston kontemporer," ujar Presiden Mazda, Masamichi Kogai dalam ajang Frankfurt Motor Show, dilansir dari Autocar, Sabtu, (19/9/2015).

Dia menambahkan, hal ini membutuhkan perbaikan yang cukup besar dalam segi karakteristik cool-start. Mazda tidak akan membawa kembali kekuatan rotary, kecuali dapat dicocokkan dengan standar lainnya dari mesin konvensional.

Kogai memang tidak menguraikan kapan merek RX akan kembali. Ia menolak memberikan keterangan adanya tim pengembangan rotary. Tapi itu bisa saja terjadi sebab pengganti RX-8 bisa muncul pada 2018.

Mazda juga telah bereksperimen dengan menggunakan mesin rotary untuk aplikasi yang berbeda sebagai satu-satunya untuk kendaraan dengan powertrain.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4870 seconds (0.1#10.140)