Bukti Ketangguhan Mitsubishi EVO X dan Mirage di Ajang Rally

Rabu, 21 Oktober 2015 - 00:20 WIB
Bukti Ketangguhan Mitsubishi...
Bukti Ketangguhan Mitsubishi EVO X dan Mirage di Ajang Rally
A A A
JAKARTA - Ketanggukan mobil besutan Mitsubishi yaitu Evo X dan Mirage dibuktikan di kejuaraan Nasional Rally 2015 yang berlangsung di Rambong Sialang, Medan, beberapa waktu lalu. Subhan Aksa pereli yang akrab disapa Ubang ini menggunakan Mitsubishi EVO X yang telah disusuaikan penggunaannya.

Mitsubishi EVO X yang dikenal tangguh di ajang balap ini menempati posisi pertama hingga SS (Special Stage) ke 4. Sayangnya problem teknis mengadangnya di SS5 mengalami kerusakan girboks.

Ubang harus mengejar ketertinggalan dengan cangkokan girboks Evo X di mobil yang dipakainya saat survei lintasan. Tak disangka dengan pemngalaman dan ketangguhan mobil besutan Mitsubishi ini, Ubang berhasil kembali ke posisi pertama.
rally
rally
rallyUbang jadi tercepat di SS 6 dan 7 sekaligus mengakhiri lomba dengan gap 1 menit 41,2 detik dari urutan kedua yang ditempati rekan setimnya asal tim Firna Bosowa Rally Team (FBRT) Sports Batik Air, Priamanaya Djan/Herry Koentoyo.

"Saya sempat menabrak tanggul di SS7. Tapi performa mobil tidak berubah. Kami juga pilih bermain aman di SS9. Karena kami sudah unggul jauh dari urutan kedua," ujarnya dalam keterangan tertulisnya (20/10).

Mobil generasi terakhir dari pabrikan berlambang tiga berlian ini menggunakan mesin berkode 4B11T 2.000cc turbo MIVEC. Pabrikan mengklaim setidaknya tenaga Mitsubishi Evo X berkode sasis CZ4A keluaran 2007 ini minimal 276 dk di 6.500 rpm dengan torsi 422 Nm di 3.500 rpm (versi JDM).

Namun untuk kebutuhan rally sudah pasti disesuaikan untuk kondisi medan. Beberapa perangkat telah dimodifikasi untuk memngurangi beban dan menambahh kecepatan.

Sementara itu, di Grup N15 (kapasitas mesin 0-1500 cc) tim FBRT juga mengukir prestasi gemilang dengan Mitsubihi Mirage. Bagaimana tidak, tampil dengan mobil kapasitas mesin 1200cc, Mitsubishi Mirage, keduanya sukses menempati posisi dua dan tiga.

Adnan menyelesaikan lomba dengan catatan waktu 2 jam 39 menit 50,3 detik. Sedangkan Andi hanya tertinggal 2,6 detik dari Adnan. Adapun juara Grup N15 Andi mengendarai Suzuki Swift yang secara kapasitas mesin unggul dari Mirage geberan Adnan dan Andi.

Andi mengaku kaget dengan keberhasilan finis urutan tiga di Grup N15. "Saya sama sekali tidak menyangka bisa meraih hasil ini. Karena banyak lawan yang lebih berpengalaman dan tampil dengan mobil yang punya power lebih besar. Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh tim lantaran telah menyiapkan mobil Mirage yang luar biasa," ujarnya
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2778 seconds (0.1#10.140)