Honda Kembangkan Airbag Sepeda Motor

Senin, 28 Desember 2015 - 16:02 WIB
Honda Kembangkan Airbag Sepeda Motor
Honda Kembangkan Airbag Sepeda Motor
A A A
SETELAH hampir 10 tahun pengenalan airbag lewat Honda Gold Wing, pabrikan asal Jepang tersebut, belum memperkenalkan produk buatannya lagi yang juga dilengkapi dengan kantong udara sebagai pelindung bila terjadi kecelakaan. Tapi justru baru-baru ini terungkap bahwa, Honda tengah merancang NC750S dilengkapi dengan airbag, seperti yang pernah dilakukan pada Gold Wing.

Dilansir dari Motorcyclist, Senin (28/12/2015), perbedaan utama dari airbag yang terdapat pada Gold Wing adalah bentuk dan ukurannya. Airbag satu ini telah memperoleh desain baru.

Ekstensi vertikal panjang di atas bagian utama balon berbentuk airbag. Hal ini untuk membantu mengatasi kecelakaan frontal yang terjadi saat sepeda motor dalam kecepatan tinggi, dimana pengendara dapat terlempar ke depan. Bagian bawah airbag dirancang melindungi dada dan perut pengendara.

Sistem baru secara khusus ditujukan untuk dampak frontal. Airbag dilengkapi sensor yang terletak di bagian bawah garpu.

Sistem ini berfungsi melindungi pengendara ketika kecelakaan terjadi pada bagian depan motor. Sedangkan ketika kecelakaan terjadi melalui bagian belakang motor, sistem ini tidak akan berfungsi.

Meskipun airbag tidak dapat sepenuhnya berfungsi secara efektif pada sepeda motor tidak seperti fungsinya pada mobil, di mana pengemudi dapat terlindungi di semua sisi. Namun setidaknya hal ini dapat sedikit mengurangi luka saat terjadi kecelakaan sepeda motor di masa depan.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7782 seconds (0.1#10.140)