Menguji Keunggulan Teknologi Skyactiv Tiga Mobil Mazda

Jum'at, 18 Maret 2016 - 06:37 WIB
Menguji Keunggulan Teknologi...
Menguji Keunggulan Teknologi Skyactiv Tiga Mobil Mazda
A A A
JAKARTA - PT Mazda Motor Indonesia (MMI) mengajak sejumlah media untuk menguji keandalan mobil andalan mereka. Rute yang dipilih adalah Jakarta-Purwakarta-Lembang-Bandung-Jakarta.

Melalui program bertajuk “Mazda Drive a Life”, Sindonews bersama beberapa jurnalis berkesempatan menguji keunggulan dari teknologi Skyativ, serta mencoba fitur-fitur yang terdapat di tiga produk generasi terbaru Mazda, yaitu All New Mazda 2, New Mazda CX-5, dan New Mazda 6.

Sebelum menjajal keasyikan mengemudi ZoomZoom, Sindonews mencoba mengulas secara singkat fitur, performa dan keunggulan ketiga mobil tersebut.

All New Mazda 2

Bicara mobil hatchback All New Mazda2, mobil ini mempunyai penampilan menarik, menyegarkan, performa yang kuat, serta memiliki fitur melimpah.

Pengaplikasian siluet yang dinamis mengambil inspirasi dari gerakan “pouncing motion” seekor cheetah, memberikan karakter yang kuat pada keseluruhan bentuk All New Mazda2. Berbicara lebih dalam dari aspek eksterior, posisi mobil yang kokoh juga dapat dilihat dari revisi posisi roda depan yang lebih maju dari versi sebelumnya untuk mendukung handling yang lebih baik dan berakibat pada desain interior yang mengutamakan kenyamanan berkendara.

Selain berbagai deretan teknologi terbaru yang tertanam di All New Mazda2, warisan teknologi keamanan berkendara terbaru juga tertanam dengan adanya fitur keselamatan aktif i-ACTIVSENSE, sebuah sistem keamanan berkendara yang mampu memberikan kepercayaan diri dan ketenangan hati pengendara.

All New Mazda2 dilengkapi i-ELOOP (Mazda Regenerative Braking System), inovasi terbaru dari Mazda yang dikembangkan setara dengan teknologi kendaraan premium di Eropa. Sistem ini menggantikan energi yang hilang dari perlambatan akselerasi ke tenaga listrik yang disimpan di tempat penyimpanan yang akan disalurkan ke sistem kelistrikan dari kendaraan. Hal ini memungkinkan tenaga dari mesin dapat digunakan sepenuhnya untuk mendorong mobil dan menghemat energi serta bahan bakar hingga 10%.

Selain itu, terbenam pula i-Stop (Idling Stop System), yakni sistem pengehematan bahan bakar untuk memberhentikan mesin sementara ketika kendaraan berhenti, dan seluruh perangkat di dalam mobil dapat kembali berfungsi secara normal.

Keunggulan dari i-ELOOP, kedua sistem ini dapat bekerja secara bersamaan untuk menghemat bahan bakar. Mesin dapat bekerja secara otomatis ketika kendaraan telah siap untuk berjalan.

All New Mazda CX-5

Ekspresi gerak dinamis dalam garis serta lekuk yang mengalir ritmis menjadi daya tarik magis yang mengajak siapa saja menggugah jiwa berkendara bersama New Mazda CX-5

Mobil sport utility vehicle (SUV) ini dilengkapi sunroof yang dapat dibuka untuk menikmati udara segar dari alam terbuka selama berkendara.

Side View Mirrors dengan Turning Lamps tidak hanya berfungsi memberikan tanda peringatan untuk kendaraan lain, desain barunya memberikan tampilan yang lebih stylish pada New Mazda CX-5. Desain grille baru memberikan tampilan sporty namun tetap stylish.

Desain headlamp dengan Light Emitting Diodes (LED) memberikan rasa aman ketika berkendara di malam hari. Selain itu, New Mazda CX-5 dilengkapi dual tip exhaust system yang akan membuat pembuangan sisa pembakaran jadi lebih sempurna.

Mengusung mesin Skyactiv G, mesin bensin hasil karya Mazda menjadi sangat efisien, bertenaga, dan ramah lingkungan berkat fitur. Di mana compression ratio sangat tinggi sebesar 13.0:1, pertama kali diterapkan pada kendaraan produksi massal bermesin bensin di dunia. Teknologi direct injection memungkinkan bahan bakar disemprotkan langsung ke dalam ruang bakar sehingga menghasilkan output tenaga dan efisiensi lebih besar.

Penggunaan 4-2-1 exhaust system, cavity pistons, injektor multi-lubang dan inovasi lainnya memungkinkan penggunaan compression ratio tinggi. Kemudian, pemakaian balance shaft dapat menekan vibrasi dan kebisingan mesin lebih jauh.

Mazda CX 5 memiliki transmisi otomatis 6 percepatan generasi terbaru dengan tingkat efisiensi tinggi. Di mana segala kelebihan dari semua jenis teknologi transmisi, baik transmisi otomatis konvensional, Continous Variable Transmission maupun Dual Clutch Transmission dimiliki.

Rentang lock-up yang sangat lebar, meningkatkan efisiensi transfer torsi dan rasa layaknya transmisi manual. Perpindahan gigi yang cepat layaknya Dual Clutch Transmission namun tetap halus dalam pengoperasiannya.

Bobot ringan serta berukuran ringkas, memberikan kontribusi terhadap berat keseluruhan kendaraan. Kemampuan “membaca” situasi pengemudian untuk menentukan posisi gigi yang paling sesuai dengan kondisi (Active Adaptive Shift). Sementara tingkat penghematan konsumsi bahan bakar tambahan sebesar 4,7% lebih baik dari transmisi otomatis biasa.

Bodi mobil dirancang untuk mencapai dua tujuan yang selama ini bertolak belakang, yaitu lebih ringan namun memiliki performa keselamatan dan tingkat kekakuan bodi (body rigidity) yang lebih tinggi. Hal tersebut berkat pemakaian high tensile dan ultra high tensile steel serta rancang bangun yang presisi.

Crumple zones pada Mazda CX5 dirancang dengan konsep multi-load path, di mana energi tabrakan dapat diserap dan disebar secara efisien ke beberapa arah sekaligus, sehingga mengurangi risiko cedera ke pengemudi dan penumpang dengan siginifikan.

All New Mazda 6

All New Mazda 6 adalah sedan terbaru keluaran Mazda yang mengadaptasi konsep desain KODO, Soul of Motion, yang tercermin di setiap lekuk eksterior mobil ini.

Sebuah desain yang dinamis menyatu dengan daya tarik emosional untuk membangkitkan kesan modern dan elegan yang sesuai dengan ciri khas Mazda. Desain interior yang premium serta kenyamanan yang mewah dan dilengkapi dengan fitur human-machine menyelimuti semua aspek mengendara, baik untuk pengemudi maupun penumpang.

Menggendong teknologi Skyactiv, All New Mazda 6 mengusung transmisi otomatis 6 percepatan generasi terbaru dengan tingkat efisiensi tinggi. Mobil ini memiliki segala kelebihan dari semua jenis teknologi transmisi, baik transmisi otomatis konvensional, Continous Variable Transmission maupun Dual Clutch Transmission.

Rentang lock-up yang sangat lebar, meningkatkan efisiensi transfer torsi dan rasa layaknya transmisi manual.

Perpindahan gigi yang cepat layaknya Dual Clutch Transmission namun tetap halus dalam pengoperasiannya. Bobot ringan serta berukuran ringkas, memberikan kontribusi terhadap berat keseluruhan kendaraan.

Sedan ini memiliki kemampuan “membaca” situasi pengemudian untuk menentukan posisi gigi yang paling sesuai dengan kondisi (Active Adaptive Shift). Tingkat penghematan konsumsi bahan bakar tambahan sebesar 4,7% lebih baik dari transmisi otomatis biasa.

Mesin bensin hasil karya Mazda yang sangat efisien, bertenaga, dan ramah lingkungan. Compression ratio sangat tinggi sebesar 13.0:1, pertama kali diterapkan pada kendaraan produksi massal bermesin bensin di dunia. Kemudian, teknologi direct injection yang memungkinkan bahan bakar untuk disemprotkan langsung ke dalam ruang bakar sehingga menghasilkan output tenaga dan efisiensi lebih besar.

Penggunaan 4-2-1 exhaust system, cavity pistons, injektor multi-lubang dan inovasi lainnya yang memungkinkan penggunaan compression ratio tinggi. Pemakaian balance shaft untuk menekan vibrasi dan kebisingan mesin lebih jauh.

Bicara bodi, All New Mazda 6 dirancang untuk mencapai dua tujuan yang selama ini bertolak belakang, yaitu lebih ringan namun memiliki performa keselamatan dan tingkat kekakuan bodi (body rigidity) yang lebih tinggi. Pemakaian high tensile dan ultra high tensile steel serta rancang bangun yang presisi. Struktur cincin yang menyatu lurus dan tidak terputus. Crumple zones yang dirancang dengan konsep multi-load path, dimana energi tabrakan dapat diserap dan disebar secara efisien ke beberapa arah sekaligus sehingga mengurangi risiko cedera ke pengemudi dan penumpang dengan siginifikan.

i-ELOOP, berbeda dari sistem kelistrikan konvensional yang sepenuhnya mengandalkan tenaga mesin, Mazda menciptakan teknologi yang mampu mengubah energi kinetis deselerasi menjadi daya istrik yang disimpan di Electric Double Layer Capacitor (EDLC).

Daya listrik digunakan untuk penerangan, pendingin, sistem audio dan perangkat elektronik lainnya. Bila dikombinasikan dengan i-STOP, teknologi ini mampu menekan konsumsi bahan bakar hingga 10%

Mazda 6 juga mengusung fitur i-STOP. Efisiensi konsumsi bahan bakar yang optimal di mobil Mazda dimungkinkan oleh adopsi Mazda i-STOP system yang berfungsi menghentikan putaran mesin secara otomatis saat kendaraan berhenti di kemacetan atau di lampu merah. Mesin akan re-start dengan cepat dan halus sehingga Anda dapat kembali berkendara.

Untuk aerodynamics shape, berbeda dari sistem kelistrikan konvensional yang sepenuhnya mengandalkan tenaga mesin, Mazda menciptakan teknologi yang mampu mengubah energi kinetis deselerasi menjadi daya listrik yang disimpan di Electric Double Layer Capacitor (EDLC).

Daya listrik digunakan untuk penerangan, pendingin, sistem audio dan perangkat elektronik lainnya. Bila dikombinasikan dengan i-STOP, teknologi ini mampu menekan konsumsi bahan bakar hingga 10%.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1502 seconds (0.1#10.140)