Jenis Ban Tubeles Lebih Cocok dengan Kondisi Jalan Indonesia

Kamis, 21 April 2016 - 13:44 WIB
Jenis Ban Tubeles Lebih Cocok dengan Kondisi Jalan Indonesia
Jenis Ban Tubeles Lebih Cocok dengan Kondisi Jalan Indonesia
A A A
BOGOR - Keberadaan ban memiliki fungsi utama dalam menyalurkan tenaga mesin yang dihasilkan dan berhadapan langsung dengan jalanan. Tentunya dibutuhkan jenis ban tertentu untuk sebuah kendaraan agar dapat berfungsi dengan maksimal.

Setidaknya saat ini ban yang ramai digunakan oleh para pengendara mobil di Indonesia adalah ban biasa yang menggunakan ban dalam dan ban tubeles. Lalu manakah yang lebih cocok digunakan untuk kondisi geografis Indonesia.

"Kalau masalah keunggulan tentu saja tergantung pada peruntukan ban itu sendiri. Pasalnya baik yang menggunakan ban dalam ataupun tubeles memiliki keunggulannya masing-masing," ujar Plan Auditor Divisi Quality Good Year Indonesia, Ismail Saleh, Kamis (21/4/2016).

Dirinya menambahkan, ban tubeles untuk kecepatan tinggi memang akan dapat lebih maksimal karena akan mengurangi gesekan. Sedangkan jalan ban biasa mungkin keunggulannya karena lebih berlapis.

Oleh karena itu dirinya menyarankan agar konsumen lebih cermat dalam memilih ban dan memperhatikan kode-kode yang tertera pada ban. "Kalau beli ban itu lihat tandanya, karena disitu tertera berapa kecepatan maksimal dengan ban yang digunakan," tambahnya.

Namun saat ditanyai ban seperti apa yang lebih cocok untuk keadaan di Indonesia. Dirinya menjawab, "Ban tubeles saya rasa lebih kuat untuk menghadapi tekanan dan jenis ini lebih tahan dengan infrastruktur negara kita," tegasnya

Goodyear Indonesia sendiri saat ini mayoritas lebih banyak memproduksi ban mobil dengan jenis tubeles. Rata-rata dibuat untuk memenuhi kebutuhan kendaraan passenger dan truck.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8036 seconds (0.1#10.140)