Inilah 2 Jenis Motor Yamaha Bermasalah yang Beredar di Indonesia

Jum'at, 17 Juni 2016 - 11:44 WIB
Inilah 2 Jenis Motor Yamaha Bermasalah yang Beredar di Indonesia
Inilah 2 Jenis Motor Yamaha Bermasalah yang Beredar di Indonesia
A A A
JAKARTA - Yamaha selalu di depan, itulah salah satu moto Yamaha yang menunjukan dirinya memang layak menjadi yang terbaik dari yang terbaik. Namun belum lama ini, Yamaha Motor Corporation telah mengeluarkan perintah recall untuk jenis YZF-R3A, MT-320, YZF-R25A dan MT-250 karena bermasalah pada bagian sistem pompa oli, dari 4 jenis itu dua model diantaranya YZF R25 dan MT 250 beredar di Indonesia dengan mengusung tehnologi mesin sport 250 cc.

R25 dan MT 25 adalah Motor berbasis mesin sama namun yang satu tanpa fairing alias naked bike dan satunya versi berfairing, kita sebut saja dengan Sidekick Bike. Ini bukan barang dari jaman dua tak sudh ada sebut saja RXZ dengan RZR, kembar namun beda fairing dan perbedaan kecil.

Yamaha R25 dan MT 25 diusung dengan inovasi terbaru, untuk melengkapi dominasi Moge pada deretan motor buatannya, R25 didesain menggunakan fairing sementara MT berjenis Naked street bike.

Pertama pada motor R25 didesain R25 ini dengan konsep meruncing. Apabila di lihat R25 ini sangat mirip sekali dengan motoGP yang pernah menjadi juara dunia pada kelasnya yaitu jorge lorenzo. Kemudian pada bagian lampunya menggunakan dua lampu yang sangat mewah, desain ini memang desain terbaru dari Yamaha yang di sebut juga dual Predator head light dengan bentuk yang sangar dan mirip sekali dengan predator yang ingin memangsa.

Untuk bagian lampu belakang menggunakan super sport LED tail light, dengan full LED akan terlihat sangat mewah dengan dua lampu seinnya. Dan pada bagian speedometer yang di desain dengan teknologi canggih yang di sebut supersport speedometer yang di bagi menjadi 3 bagian yang sangat memudahkan saat berkendara. Serta Desain Tangki yang lebih tingi dengan di padukan dengan tempat duduk dengan desain split seat, sangat terlihat mewah dan sangat nyaman saat berkendara baik sendirian atau boncengan.

Untuk urusan dapur pacunya R25. Bila dilihat pada spesifikasi pada mesin R25 ini memang sangat mantap, dengan di bekali mesin bertipe 4 langkah 8 valve DOHC dengan berkapasitas 250 cc. dengan jumlah 2 silinder tegak yang berdiameter langkah 60,0 x 44,1 mm, dengan perbandingan komperasi 11,6 : 1. Dengan mesin sebesar itu, pastinya mesin lebih cepat panas, namun sayang diketahui ada masalah pada sekstor mesin dan ini yang membuat Yamaha Motor Corporation menarik semua produk ini.

Yamaha R25 memiliki performa maxsimal yang mampu mencapai kecepatan 26.5 kW atau 36 PS pada 12.000 rpm, sedangkan untuk torsi mampu mencapai maxsimal 22,6 Nm pada 10.000 RPM. Dan juga di berikannya teknologi full injection. Untuk kopling pada mesin R25 menggunakan tipe kopling basah atau multiplat. Kemudian pada bagian tranmisi yamaha R25 ini menggunakan metode transmission 6 speed dengan pola 1-N-2-3-4-5-6.

Suspensi untuk depan Yamaha masih tetap menggunakan teleskopic dan untuk suspensi bagian belakang menggunakan swing arm atau biasa di sebut dengan mono cros. Kemudian Pada rangka R25 dengan menggunakan tipe diamondl. Untuk kelistrikan menggunakan sistim TCI. Sistem ini merupakan teknologi terbaru dari yamaha yang sangat membantu kinerja mesin menjadi lebih sempurna.

Kedua Yamaha MT 25 Sekilas, tak berbeda jauh dari versi mortor yamaha yang memilki serie MT-09, desain street bike sangat kental pada motor terbarunya ini. Sebagai adik kandung dari Yamaha YZF R25, dirinya dibekali mesin yang sama besar dengan YZF R25, yaitu sebesar 250 cc, dan dilengkapi teknologi terbaru untuk mendongkrak performa yang dimilkinya, agar menjadi lebih cepat dan tangguh dijalanan.

Selain itu, tampang Yamaha MT-25 semakin lengkap dengan digunakannya speedometer khas motor balap, yang user friendly dan mudah dipahami, yang dilengkapi dengan berbagai indikator didalamnya.

Kemudian pada sisi rangka, Yamaha Mt-25 berdiri kokoh dengan rangka tipe diamond yang dicat warna biru, sebagai ciri khas dari Yamaha MT-25 itu sendiri. Bentuknya yang lebar dengan dimensi panjang 2090 mm, lebar 745 mm , dan tinggi 1.035 mm, bobotnya juga cukup lumayan berat dengan bobot mencapai 165 kg.

Selanjutnya, bagian kaki-kaki. Bagian ini ternyata hampir sama dengan yang digunakan oleh Yamaha R25, dimana untuk bagian depan, Yamaha MT-25 menggunakan suspensi jenis teleskopik berdimensi 41 mm, sedangkan untuk bagian belakanng Yamaha MT 25, dirinya menggunakan swing arm dengan model Mono Cross, penggunaan ban berjenis tubeless dengan velg ring 17 tipe tapak lebar, membuat berkendara menjadi lebih nyaman.

Urusan dapur Pacu Sektor dapur pacu merupakan turunan dari motor Sport Yamaha YZF R25, jadi secara keseluruhan, mesin yang digunakan pada Yamaha MT-25 terbilang sama. Dibekali mesin besar dengan 2 silinder tegak bertipe 4 langkah DOHC 8-valve, dengan kapasitas 250 cc. Dan lagi-lagi di sektor ini terjadi masalah seperti yang diumumkan Yamaha Motor Corporation melalui surat edaranya bernomor 3824.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1615 seconds (0.1#10.140)