Stop! Lumasi Rantai Motor dengan Oli Bekas

Selasa, 12 Juli 2016 - 22:11 WIB
Stop! Lumasi Rantai Motor dengan Oli Bekas
Stop! Lumasi Rantai Motor dengan Oli Bekas
A A A
BEKASI - Bagi para pengguna motor tentu saja tidak asing melihat rantai motor yang dilumasi oleh oli bekas. Pasalnya hampir setiap bengkel non resmi menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai pada sepeda motor.

Usut punya punya usut ternyata memiliki dampak yang kurang baik dan berpengaruh terhadap masa pakai rantai.

"Oli yang sudah menjadi bekas sebaiknya tidak dipergunakan lagi, sebab didalam kandungan oli bekas terdapat gram besi yang berasal dari gesekan antar komponen didalam blog mesin, yang bila dipergunakan untuk melumasi rantai motor, akan membuat rantai motor jadi cepat haus," ujar Kepala Bengkel Honda Supra Jaya Motor, Rahmat Arif, di Bekasi, Selasa (12/7/2016).

Selain itu, dirinya menambahkan oli yang sudah dalam kondisi bekas biasanya memiliki sifat yang pekat dan lengket karena banyaknya endapan residu selama digunakan. Bila hal ini dipaksakan maka rantai motor yang dilumasi oli bekas dapat tertempel debu atau pasir yang dampaknya tentu mempercepat proses keausan rantai itu sendiri bila sampai kotoran tersebut masuk kedalam celah rantai.

Maka solusi agar rantai dapat tetap awet baiknya gunakan pelumas khusus yang memang difungsikan untuk melumasi rantai motor. Sebab pada dasarnya kondisi rantai motor yang baik adalah tidak dihinggapi debu maupun kotoran lainnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0167 seconds (0.1#10.140)