Ban Tanpa Alur Garis Tengah Tidak Masalah

Rabu, 03 Agustus 2016 - 10:34 WIB
Ban Tanpa Alur Garis Tengah Tidak Masalah
Ban Tanpa Alur Garis Tengah Tidak Masalah
A A A
JAKARTA - Pada umumnya, ban sepeda motor selalu memiliki alur garis tengah. Dimana garis tengah pada ban sepeda motor dapat membantu traksi ban saat melintasi jalan basah atau tergenang air sehingga ban tetap dapat menapak sempurna.

Namun seiring perkembangannya garis tengah pada ban kini mulai jarang ditemukan, terutama pada model tubeless. Namun adakah dampaknya yang dihasilkan jika menggunakan ban tanpa alur garis tengah.

"Hampir semua pabrikan ban memang saat ini memang tidak lagi menggunakan alur garis tengah, terutama untuk ban-ban modifikasi. Akan tetapi secara pengujian tidak ada masalah tanpa penggunaan alur garis tengah," ujar Kepala Departemen Technical Support di PT. Suryaraya Rubberindo Industries selaku produsen ban FDR, Jimmy Handoyo, saat dihubungi Sindonews, Rabu (3/8/2016).

Namun Jimmy tidak menampik kalau masih ada saja konsumen yang mencari ban dengan alur garis tengah. Pasalnya mereka percaya bahwa ban yang baik itu yang ada garis tengahnya, padahal tidak demikian.

"Memang masih ada yang cari, tapi rata-rata konsumen berumur. Tapi sebenarnya dengan alur ban dari pinggir ke tengah juga sama saja fungsinya, sebab memang sudah diuji," tegasnya.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1446 seconds (0.1#10.140)