BMW Terapkan Serat Karbon untuk Sepeda Motor

Selasa, 23 Agustus 2016 - 09:07 WIB
BMW Terapkan Serat Karbon untuk Sepeda Motor
BMW Terapkan Serat Karbon untuk Sepeda Motor
A A A
MUNICH - BMW memang terkenal sebagai pabrikan yang memiliki keahlian merancang serat karbon untuk bahan kendaraannya. Hal ini mereka terapkan pada model i3 dan terus dikembangkan terhadap model lainnya.

Terus melakukan inovasi, pabrikan automotif yang bermarkas di Jerman tersebut kini mulai memgembangkannya pada produk sepeda motor. Dimana hal ini diklaim dapat membuat bobot motor lebih ringan sekitar 40 persen.

Bahkan, dalam hal ini BMW telah mengajukan paten terhadap dua jenis model rangka mulai dari kelas entry level sampai kelas atas. Kabarnya salah satu model yang akan menerima rangka ini adalah S1000RR.

Motor besar milik BMW ini nantinya akan menerima beam frame atau rangka berbentuk kotak. Sedangkan rangka utama akan menggunakan bahan metal yang dilapis lembaran serat karbon.

Sementara platform rangka lainnya yang tengah dipersiapkan BMW adalah teralis. Rangka ini khusus untuk model-model yang lebih terjangkau dimana bentuk rangka berupa pipa bulat dengan material juga dari serat karbon. Demikian dikutip dari Carscoops, Selasa (23/8/2016).
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8407 seconds (0.1#10.140)