Teknologi Ini Wajib Ada di Mobil Terbaru

Jum'at, 23 Desember 2016 - 16:40 WIB
Teknologi Ini Wajib Ada di Mobil Terbaru
Teknologi Ini Wajib Ada di Mobil Terbaru
A A A
BERLIN - Dalam upaya mengurangi angka kecelakaan lalulintas, Commission of the European Communities atau badan eksekutif Uni Eropa telah mendaftar 19 teknologi baru yang akan dideklarasikan dan wajib digunakan pada mobil baru.

Dari sembilan teknologi itu adalah sistem pengereman darurat otomatis dan sistem peringatan keluar jalur merupakan teknologi yang ditempatkan paling atas dalam daftar tersebut, di mana kedua teknologi ini mampu menghindari kecelakaan. Kedua teknologi ini telah diwajibkan pada bus dan kendaraan berat di bawah hukum Eropa.

Berdasar aturan baru yang akan diusulkan oleh komisi Uni Eropa, kalangan pengemudi di Inggris dan Eropa akan dipaksa untuk melengkapi kendaraan mereka dengan teknologi yang bisa membatasi kecepatan mobil.

Seperti dilaporkan laman Sky News, peraturan baru ini akan mensyaratkan bahwa semua mobil baru harus dilengkapi dengan sistem yang dapat mendeteksi batas kecepatan yang berlaku dan secara otomatis menjaga kondisi mobil tidak melebihinya.

Alasan komisi Uni Eropa mengajukan peraturan ini bertujuan untuk mengurangi korban tewas akibat tabrakan di jalan raya, menjadi sepertiga dari jumlah sekarang, pada tahun 2020 mendatang.

Dengan adanya pemasangan perangkat pembatas kecepatan tersebut, setiap mobil nantinya tidak akan bisa melaju lebih dari 70 Km/Jam diatas jalan raya.

Meski demikian, Menteri Transportasi Inggris Patrick McLoughlin, telah menyatakan sikapnya untuk melawan usulan yang akan diajukan oleh komisi Uni Eropa pada musim gugur ini.

"Hal ini adalah sesuatu yang pasti ia ingin melawan, dan dia telah mengatakan bahwa peraturan tersebut merupakan suatu hal yang tidak ingin dilakukan oleh siapapun," kata salah satu sumber di pemerintah Inggris.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7367 seconds (0.1#10.140)