Parade Mobil Baru di Detroit Auto Show 2017

Sabtu, 07 Januari 2017 - 10:10 WIB
Parade Mobil Baru di Detroit Auto Show 2017
Parade Mobil Baru di Detroit Auto Show 2017
A A A
DETROIT - Data penjualan automotif Amerika Serikat 2016 yang menembus rekor 17,7 juta unit, menjadi ‘bahan bakar’ bagi North American International Auto Show (NAIAS) 2017. Pameran automotif terbesar di Amerika Utara yang bertempat di Cobo Center di Detroit, Michigan, ini menjadi parade bagi pabrikan mobil untuk unjuk gigi di setiap awal tahun. NAIAS atau lazim disebut Detroit Motor Show 2017 akan dihelat pada 8-22 Januari 2017.

Melansir Bloomberg, Sabtu (7/1/2017), para analis mengatakan data penjualan automotif AS 2016 yang ciamik dan Detroit Motor Show menjadi momen untuk meningkatkan penjualan mobil. Apalagi Presiden AS terpilih Donald Trump berencana melakukan pemotongan pajak dan kebijakan infrastruktur, yang disinyalir bisa mendongkrak lebih tajam penjualan mobil.

Kembali ke pameran, sejumlah produsen mobil ternama pun sudah pasang jagoan masing-masing untuk “menyihir” pecinta automotif dunia. Audi, Bentley, Bayerische Motoren Werke, Mercedes sudah menyiapkan produk khusus. Selain itu ada Toyota Camry, sedan Lexus LS, Chevrolet Traverse yang mengambil tengah panggung di Detroit Motor Show. Berikut parade mobil yang akan memamerkan kecanggihan, keanggunan, dan kemewahan mereka.

Audi Q8
Ini model baru dari Audi, sebuah kendaraan SUV yang lebih besar, lebih persegi, lebih sporty dan tajam pada bagian atas dibanding SUV Q7. Produk anyar ini dibuat untuk menandingi Mercedes GLE Coupe dan BMW X6. Mengutip dari Carwow.co.uk, Audi Q8 memiliki mesin V6 diesel 3.0 liter dan daya 435 horsepower. Kabarnya kendaraan SUV mewah ini dibanderol sebesar 80.000 poundsterling atau setara dengan Rp1,32 miliar (estimasi kurs £1 = Rp16.504).

Detroit Motor Show
Kia GT
Kia melakukan hampir segala sesuatu yang baik. Nama mereka semakin melambung ketika pebasket LeBron James didaulat menjadi brand ambassador Kia K900. Kal ini, mereka ingin memadukan sebuah kendaraan yang berpenampilan sporty sekaligus bak grand touring sedan. Dan jadilah Kia GT, yang sudah dirancang sejak 2011 silam. Desainnya yang cantik tidak lepas dari tangan dingin salah satu desainer terbaik automotif, Peter Schreyer, alumnus Audi.

Bentley
Produsen mobil super mewah dari Negeri Ratu Elizabeth II diperkirakan akan menarik perhatian pengunjung. Namun hingga saat ini, mereka masih merahasiakan mobil debutan Bentley di awal tahun 2017.

BMW 5-Series

Bayerische Motoren Werke akan meluncurkan debut barisan BMW 5-Series, yang merupakan kendaraan hybrid listrik. Terdiri dari sedan BMW 540i, M550, dan 530e iPerformance. Masing-masing varian baru ini memiliki mesin yang halus dan efisiensi bahan bakar dengan fitur teknologi baru, termasuk parkir remote control dan sistem mengemudi semi-otonom.

Detroit Motor Show
BMW X2 Concept
Selain menampilkan sedan, BMW akan memaikan segmen crossover melalui BMW X2 Concept. Desainnya memadukan antara coupe dan crossover X3. Namun BMW belum merilis secara spesifik tentang varian mesin dan nilai dari mobil ini.

Toyota Camry
Di Amerika Serikat, pesona Toyota Camry diibaratkan seperti petinju Muhammad Ali di era kejayaannya. Tahun lalu, Amerika membeli Camry 82 kali lebih banyak dari kendaraan lain. Dan tahun ini, mereka akan mendapat saingan dari saudaranya, RAV4 dan Honda CRV lansiran baru. Namun Toyota optimistis penampilan dan kinerja Camry selama ini masih menarik perhatian konsumen.

Detroit Motor Show
Cadillac Escala
Untuk kedua kalinya, Cadillac mengeluarkan Escala di ajang Detroit Motor Show. Cadillac Escala memiliki tampilan yang tampan, sedan empat pintu dengan teknologi terkini, otomatisasi, konektivitas, dan desain interior yang anggun.

Mobil ini dilengkapi dengan pelek 22 inci dan roda “monkey spoke”, grill aluminium, lampu ekor LED, dan garis body yang bersih dari depan ke belakang. Presiden Cadillac Johan De Nysschen mengatakan Cadillac Escala memiliki mesin twin-turbo delapan silinder.

Cadillac CT6 Plug-In
Cadillac juga menawarkan sedan baru hybrid plug-in yang mulai dipasarkan pada musim semi 2017. Detroit Motor Show menjadi ajang promosi bagi kendaraan yang memiliki bahan bakar setara 65 mil per galon. Ini akan memperoleh dorongan 30 mil dalam mode listrik murni atau kecepatan puncak 78 mil per jam. Atau juga 400 mil menggunakan baterai dan mesin bensin konvensional yang dipasangkan bersama-sama.

Detroit Motor Show
Cadillac mengatakan CT6 Plug-in memiliki 2.0-liter, turbocharged, mesin gas empat silinder dan daya sistem 335hp dan 432 pound-feet torsi. Ini akan pergi dari nol sampai 60 mph dalam 5,2 detik. Harga dipatok mulai USD75.095 atau setara Rp1 miliar (estimasi kurs Rp13.351/USD).

Detroit Motor Show
Mercedes E-Class
Mercedes akan menampilkan sedan mid-size yang paling populer, E-Class. Hanya saja ada penambahan baru, dengan model yang lebih ramping dibandingkan sebelumnya, layar baru 12,3 inch LCD, bumper baru pada eksterior. Juga terdapat tombol kontrol touchpad pada roda kemudi dan menawarkan tiga pilihan suspensi yang berbeda pada transmisi kecepatan. Diharapkan dapat langsung gaspol pada penjualan di musim semi ini.

Detroit Motor Show
Lexus LS Sedan
Ini merupakan sedan andalan Lexus, sama seperti ketika muncul pada 1989 silam. Namun kali ini adalah penyempurnaan. Versi generasi kelima Lexus LS Sedan akan memiliki rear-wheel drive premium dan pengalaman yang lebih dinamis di jalan dari pendahulunya.

Detroit Motor Show
Infiniti QX50
QX50 merupakan evolusi dari QX Sport Inspiration yang diluncurkan pada 2016 lalu, dimana Infiniti berambisi menjadikan QX50 sebagai SUV premium di generasi mid-size SUV. Selain itu terdapat teknologi baru “pro pilot: yang memingkinkan mobil untuk menavigasi lalu lintas lambat dan memantau mobil lain secara otomatis.

Detroit Motor Show
Honda Odyssey
Minivan generasi keempat ini memang kalah diminati dari SUV. Namun label safety membuatnya memiliki tempat khusus bagi pembeli. Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) menobatkannya sebagai kendaraan dengan tingkat kematian pada sopir yang terendah di kelasnya. Hal ini karena adanya kamera rear-view cadangan dan struktur keselamatan yang ditingkatkan pada bagian depan.

Volkswagen Tiguan Allspace
Tiguan bisa dikatakan sebagai bintang dari bisnis Volkswagen akhir-akhir ini. Pembelian VW Tiguan di Amerika Serikat pada 2016 mencapai 22% dari pasar automotif Negeri Paman Sam. Di Detroit Motor Show 2017, Volkswagen menggelar versi lebih besar dari Tiguan sebelumnya dengan baris ketiga tambahan kursi. Sebuah SUV kompak dengan tujuh hingga delapan kursi.

Detroit Motor Show
Chevrolet Traverse
Dalam jajaran enam SUV terkemuka, Chevrolet Traverse kurang diminati. Karena dalam beberapa tahun terakhir, produk lansiran General Motors ini hanya dijual 100.000 unit. Maka itu mereka memilih booth di tengah-tengah pameran Detroit Motor Show 2017. Menghadapi persaingan ketat di segmen SUV, Traverse baru memiliki fitur styling yang lebih segar.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7229 seconds (0.1#10.140)