Mubazir! Gunakan Ban Dalam di Ban Tubeless

Kamis, 19 Januari 2017 - 10:01 WIB
Mubazir! Gunakan Ban Dalam di Ban Tubeless
Mubazir! Gunakan Ban Dalam di Ban Tubeless
A A A
JAKARTA - Ban tubeless tidak menggunakan ban dalam, berbeda dengan ban jenis tubetype yang berfungsi untuk menampung angin. Tapi bagaimana jika ban dalam dimasukkan ke ban tubeless.

Kepala Departemen Technical Support di PT. Suryaraya Rubberindo Industries selaku produsen ban FDR, Jimmy Handoyo mengatakan hal tersebut sebenarnya tidak perlu dilakukan.

"Untuk penggunaan ban dalam pada ban tubless sebenarnya sah-sah saja. Namun agak mubazir karena pada bagian dalam ban tubless ada lapisan yang fungsinya seperti dengan tube," ujar Jimmy kepada SINDOnews, Kamis (19/1/2017).

Dirinya menambahkan, memang pada beberapa kasus orang menggunakan tube pada ban tubless nya. Pertama apabila ban tubless nya bocor dan tidak bisa ditambal baru biasanya pakai tube. Kedua pada balap motor beberapa pembalap memakai tube di ban balap tubless nya karena tekanan angin yg dipakai under. Jadi untuk beberapa kasus memungkinkan.

Bicara mengenai dampak dari ban tubless jika dipasangi ban dalam, Jimmy menjelaskan tidak ada efek nya. Hanya saja berat ban akan bertambah.

"Tidak ada efek samping. Cuma, kalau tambah ban dalam berarti tambah berat, tandasnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8896 seconds (0.1#10.140)