Bos Samsung Kembali Dipanggil Terkait Dugaan Suap

Rabu, 15 Februari 2017 - 12:03 WIB
Bos Samsung Kembali Dipanggil Terkait Dugaan Suap
Bos Samsung Kembali Dipanggil Terkait Dugaan Suap
A A A
JAKARTA - Pemimpin Samsung Group, Jay Y. Lee, ditangkap aparat jaksa Korea Selatan (Korsel) pada Jumat (17/2/2017). Bos Samsung ini ditangkap terkait skandal kasus korupsi dan suap yang memicu upaya pemakzulan Presiden Park Geun-hye.

Pengadilan Distrik Pusat Seoul memutuskan untuk menangkap Lee hari ini setelah sidang tertutup. Menurut kejaksaan setempat, Lee diduga terlibat dalam skandal korupsi politik berskala besar yang mengarah pemakzulan Presiden Park Geun-hye.

Lee kini ditahan di Pusat Penahanan Seoul. Penangkapan ini merupakan hasil dari upaya kedua, setelah bulan lalu pengadilan yang sama menolak permintaan penangkapan terhadap Lee.

Pada hari Selasa, kejaksaan telah meminta surat perintah untuk menangkap Lee dan eksekutif Samsung lainnya. Kejaksaan mengklaim bukti baru terkait skandal suap dan korupsi yang melibatkan rekan dekat Presiden Park telah dikumpulkan.

”Kami mengakui penyebab dan perlunya penangkapan,” kata hakim dalam putusannya yang mengakui vitalitas bukti baru dari jaksa, seperti dikutip Reuters.

Lee diduga menyediakan USD37.310.000 untuk bisnis dan organisasi yang didukung oleh rekan kepercayaan Presiden Park, Choi Soon-sil. Uang itu untuk pertukaran atau merger kontroversial dua perusahaan Samsung pada tahun 2015.

Lee dan eksekutif Samsung lainnya telah membantah tuduhan itu. Pada bulan Desember 2016, saat rapat dengar pendapat parlemen Korsel, Lee mengaku memberikan USD17.460.000 kepada dua yayasan yang diduga terkait dengan Choi, tapi dia membantah uang itu untuk mencari imbalan apa pun.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7527 seconds (0.1#10.140)