Cara Merawat Motor ala Komunitas Honda CBR250 RR

Jum'at, 31 Maret 2017 - 18:26 WIB
Cara Merawat Motor ala Komunitas Honda CBR250 RR
Cara Merawat Motor ala Komunitas Honda CBR250 RR
A A A
MALANG - Komunitas-komunitas motor mulai sadar betapa pentingnya mengetahui lebih dalam keilmuan motor. Salah satu cara adalah mengadakan kumpul bareng dengan mendatangkan narasumber-narasumber berpengalaman.

Diantara komunitas yang selalu melakukan pembaharuan cara-cara merawat motor adalah komunitas All New Honda CBR250RR. Komunitas ini mengadakan pertemuanlintas daerah dengan tujuan mengasah kemampuan dalam merawat motor. Sebab, merawat motor tidaklah mudah, tetapi membutuhkan kejelian dan ketelitian untuk mengetahui bagian-bagian mana yang membutuhkan perawatan. Apalagi, perawatan yang dilakukan sekelas Honda CBR250RR.

Keputusan untuk kumpul bareng dinilai sebagai salah satu cara untuk mengetahui perkembangan cara-cara merawat motor. Pemilik CBR250RR dari berbagai daerah akan mengutarakan masalah-masalah yang dihadapi, kemudian akan diselesaikan bersama dengan dipandu narasumber berpengalaman, yakni Amar Ma`ruf dari AHAS Malang.

“Kita mengundang ahli mekanik dari AHAS Malang, Pak Amar. Semua proses perawatan secara detail dibeberkan,” kata Suhari, Marketing Communication & Development Division Head PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM)

Suhari mengatakan, dalam pertemuan yang dilaksanakan di Batu, pihaknya (MPM) sebagai pendorong terjadinya kumpul bareng lintas daerah. Menurut dia, selama ini kumpul bareng atau Kopdar biasanya dilakukan dalam satu wilayah, misalnya Kota Surabaya dengan Sidoarjo, atau Surabaya dengan Gresik.

Konsep pertemuan diubah, dengan cara mempertemukan para pemilik CBR250RR dalam satu forum pada minggu (26/3) kemarin. Acara tersebut bertajuk ` CBR250RR Exclusive Touring Goes To Batu`. Para peserta berasal dari Kota Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Pasuruan, Probolinggo, Malang, Kediri, Jombang, dan Batu dengan jumlah 70 rider.

Rute touring dilakukan dengan start di Surabaya dari area MPM selaku distributor motor Honda Jatim dan NTT di Jalan Simpang Dukuh Surabaya. Para peserta touring ini akan berhenti dan menjemput peserta lain di daerah-daerah yang ditentukan, mulai Sidoarjo, Pasuruan, dan Malang. Setelah dari Surabaya, peserta ini menuju diler yang menjual CBR250RR di Sidoarjo untuk menjemput peserta lain.

Dari Sidoarjo, sesuai dengan rencana akan menuju diler penjual CBR250RR di Kota Malang. Namun, karena kondisi jalan tidak memungkinkan, akhirnya rute berubah berhenti di Pasuruan untuk menjemput peserta dari Pasuruan dan Probolinggo. Sedangkan peserta dari Malang langsung menuju ke Batu.

“Semua sepakat untuk bertemu langsung di Batu. Kondisi jalan saat itu sangat macet, akhirnya ada perubahan rencana,” ungkap Suhari.

Meski demikian, proses pertemuan komunitas lintas daerah berjalan dengan lancer. Antar peserta sangat antusias, karena bisa mendengarkan pemaparan dari Perwakilan AHAS Malang, Amar Ma`ruf. Dengan sharring ini, banyak pembenahan-pembenahan yang dilakukan pemilik CBR dalam merawat motor.

“Merawat motor itu mudah, hanya saja pemilik motor harus teliti dalam mendeteksi kerusakan motor,” kata Amar Ma`ruf.

Selain pertemuan, MPM sebagai main diler di Jatim dan NTT juga mempersilahkan peserta untuk melakukan dyno test motor masing-masing. Dyno test ini bertujuan untuk mengetahui performa sebenarnya dari motor mereka.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6664 seconds (0.1#10.140)