Jokowi Salah Satu Tokoh dengan Pengikut Twitter Terbanyak di Dunia

Selasa, 06 Juni 2017 - 12:59 WIB
Jokowi Salah Satu Tokoh dengan Pengikut Twitter Terbanyak di Dunia
Jokowi Salah Satu Tokoh dengan Pengikut Twitter Terbanyak di Dunia
A A A
JAKARTA - Presiden Indonesia Republik Indonsia , Joko Widodo (Jokowi) merupakan salah satu tokoh dunia yang berpengaruh di jejaring sosial. Dengan 7,4 juta pengikut di Twitter, Jokowi (@jokowi) merupakan pemimpin dunia dengan pengikut terbanyak ke-10 di Twitter.

Hal ini dikutip dari studi terbaru firma global bidang kehumasan dan komunikasi strategis, Burson-Marsteller, Selasa (6/6/2017), dengan tajuk Twiplomacy Study 2017 yang sorotan kali ini terdapat pada platform Twitter. Tidak hanya Presiden Jokowi, studi ini juga mencatat akun Twitter resmi Kantor Staf Presiden Republik Indonesia sebagai salah satu yang aktif menciptakan “Moments”, fitur yang diperkenalkan pada 2016 berbentuk kumpulan kisah yang menampilkan peristiwa populer di Twitter.

Sementara itu, Paus Fransiskus (@pontifex) merupakan pemimpin dunia dengan pengikut terbanyak di Twitter, yakni 33,7 juta pengikut. Isi twit Sri Paus biasanya berisi ucapan bijak atau doa dalam berbagai bahasa seperti Arab, Inggris, Prancis, Jerman, dan Italia.

Posisi kedua ditempati oleh akun Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, @realDonaldTrump yang memiliki 30,1 juta pengikut, tumbuh tiga kali lipat sejak pemilihan presiden AS di 2016. Berikut adalah urutan lengkap 10 pemimpin dunia dengan pengikut terbanyak di Twitter.

Berdasarkan studi, Twitter masih menjadi jejaring sosial pilihan pemerintahan dan para menteri luar negeri, bila dilihat dari jumlah institusi pemerintahan yang ada di platform ini. Tim riset Burson-Marsteller mengidentifikasi 856 akun Twitter yang dikelola oleh kepala negara dan pemerintahan, serta menteri luar negeri di 178 negara, yang semuanya mewakili 92% negara-negara anggota PBB dengan cakupan jangkuan mencapai 356 juta pengikut.

Hingga 22 Mei 2017, para pemimpin dunia telah mengirimkan total 5.204.579 twit sejak akun mereka masing-masing dibuat. Lembaga-lembaga pemerintahan di Amerika Latin merupakan yang paling aktif di Twitter. Pemerintah Meksiko (@GobMx) merupakan yang terbanyak melakukan cuitan dengan rata-rata 123 twit per hari.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1054 seconds (0.1#10.140)