Honda Tanggapi Santai, Suzuki Siapkan Baleno Hatchback

Jum'at, 21 Juli 2017 - 20:02 WIB
Honda Tanggapi Santai, Suzuki Siapkan Baleno Hatchback
Honda Tanggapi Santai, Suzuki Siapkan Baleno Hatchback
A A A
SURABAYA - Suzuki menjadi pabrikan mobil yang cukup agresif di 2017. Setelah meluncurkan Ertiga hybrid dan Ignis, pabrikan mobil asal Jepang ini ternyata masih memiliki agenda besar untuk menghadirkan Baleno model hatchback.

Jika benar terjadi, Baleno tentu akan menjadi penantang Honda Jazz dan Toyota Yaris yang sudah lebih dulu di segmen tersebut. Meski begitu, Director Marketing dan After Sales PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy menilai segmen hatchback merupakan segmen yang sulit dan tidak banyak yang bisa berhasil

"Hatchback itu pasarnya kecil, pemain yang sukses sejauh ini cuma dua, Honda dan Toyota. Segmen ini sama dengan sedan, banyak yang sudah masuk, tapi keluar lagi," ujar Jonfis, di Surabaya, Jumat (21/7/2017).

Jonfis pun menjelaskan, alasan pasar hatchback cukup sulit disebabkan dari sejarah dari model itu sendiri. Sudah banyak yang masuk, tapi akhirnya seleksi alam yang berbicara.

"Sekarang sudah masalah branding, resell value, price sudah tercipta. Jadi pasarnya tidak gampang-gampang banget," ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan, hathcback itu mungkin pasarnya sekitar 5 persen, kalau marketnya kecil suatu saat tidak dapat volume, masuk bisa, tapi tidak dapat volume. Kompetisi kan saling geser menggeser pada akhirnya. Tapi kalau marketnya terlalu kecil tambah berat.

"Berbeda dengan pasar LMPV yang meliliki pasar 35 persen, jadi kuenya besar," tukas Jonfis.

Baleno hatchback sendiri sebenarnya sudah dipamerkan Suzuki dalam ajang Gaikindo Indonesia Iternational Auto Show (GIIAS) 2016. Hanya saja saat itu unit yang ditampilkan diboyong langsung dari India.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9715 seconds (0.1#10.140)