Siap Bungkam Mesin Diesel, Tesla Ramaikan Pasar Truk

Kamis, 31 Agustus 2017 - 14:50 WIB
Siap Bungkam Mesin Diesel, Tesla Ramaikan Pasar Truk
Siap Bungkam Mesin Diesel, Tesla Ramaikan Pasar Truk
A A A
NEW YORK - Sukses membuat mobil otonom dan kereta super cepat Hyperloop dan telah diuji coba dan hasilnya sangat mencenangkan. Kini Tesla siap memperkenalkan truk listrik dalam skala besar yang bisa menempuh jarak antara 200 hingga 300 mil, dan siap membungkam truk bermesin diesel.

Seperti dilansir dari Reuters dan Electrek, hal ini menandakan pembuat mobil listrik ini menyasar transportasi regional untuk memasuki pasar angkutan barang komersial dan Tesla Sesumbar akan membunuh truk bermesin diesel.

CEO Tesla Inc, Elon Musk menjanjikan untuk meluncurkan purwa-rupa Tesla Semi truk September ini, sebagai upaya memperluas pasar perusahaan tersebut di luar pangsa pasar mobil-mobil mewah.

Wiraswastawan ini telah menarik perhatian perusahan truk dengan prospek kendaraan alat berat yang dijalankan dengan kekuatan baterai dan bisa bersaing dengan kendaraan konvensional berbahan bakar diesel yang bisa menempuh jarak hingga 1.000 mil dengan hanya satu tangki bahan bakar.

Purwa-rupa truk listrik Tesla ini bisa melakukan perjalanan yang disebut para veteran transportasi sebagai perjalanan truk "jarak jauh," kata Scott Perry, seorang eksekutif dari operator armada truk Ryder System yang bermarkas di Miami, Florida.

Elon Musk, telah menulis "tweet" di halaman Twitter-nya kemarin mengatakan bahwa Tesla bakal meluncurkan truk-semi September ini, diikuti dengan truk pickup listrik untuk periode dua tahun mendatang.

"Truk konsep akan diungkapkan dalam 18 sampai 24 bulan, Tim telah melakukan pekerjaan yang baik" kata Musk dalam cuitanya

Musk menyampaikan hal itu dalam cuitannya bahwa kendaraan niaga itu akan dirilis pada September 2017. Sebelumnya, Musk sudah mengungkapkan Tesla akan bermain di segmen kendaraan truk.

Pada 2016 Tesla menjual 84 ribu mobil listrik di seluruh dunia dengan pendapatan USD7 miliar.

Tahun 2017 akan menjadi babak baru bagi perusahaan ini karena akan merambah lebih banyak segmen. Selain semi-truk, Tesla juga akan membuat bus serta penyewaan mobil yang mengaplikasikan teknologi otonom.

Sementara ditanya soal mobil sport, Musk menyatakan Tesla sedang menyiapkannya. Mobil roadster convertible akan melenggang setelah peluncuran pikap ringan yang rencananya dilakukan antara 18 hingga 24 bulan mendatang. Belum cukup, heavy-duty truck juga masuk dalam rencana Tesla Motors.

(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8270 seconds (0.1#10.140)