Beberapa Keunggulan Mesin Diesel yang Jarang Diketahui Orang

Rabu, 20 September 2017 - 14:59 WIB
Beberapa Keunggulan Mesin Diesel yang Jarang Diketahui Orang
Beberapa Keunggulan Mesin Diesel yang Jarang Diketahui Orang
A A A
Mobil pribadi seperti sedan dan SUV di negara-negara Eropa memamg banyak menggunakan mesin diesel. Sangat berbeda dengan di Indonesia, dimana mesin bensin mendominasi mobil pribadi.

Meski begitu, saat ini tersedia beberapa tipe mobil pribadi dengan mesin diesel, tapi lebih banyak mobil niaga, bus, truk dan mesin industri yang menggunakan mesin diesel. Padahal, mesin diesel mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan mesin bensin.

Melalui acara Isuzu Diesel Academy, Sales Support Departement Head Isuzu Astra Motor Idonesia, Reiner Tandiono menjelaskan bila mesin diesel memiliki efisiensi panas yang lebih besar.

"Ini menunjukkan efisiensi bahan bakarnya lebih irit dibanding mesin bensin," ujarnya, di Isuzu Training Center, Bekasi, Rabu (20/9/2017).

Lebih lanjut, Ia menjelaskan, mesin diesel juga lebih tahan lama karena tidak memerlukan electric igniter. Hal ini berarti bahwa kemungkinan kesulitan lebih kecil dari pada mesin bensin.

"Momen pada mesin diesel tidak berubah pada jenjang tingkat kecepatan yang lebih luas," jelasnya.

Selain itu dikatakan, mesin diesel juga memiliki tekanan pembakaran yang lebih tinggi. "Makanya mesin diesel di desain dengan bahan yang lebih kuat dan struktur yang lebih kuat agar tahan terhadap tekanan," tukasnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9527 seconds (0.1#10.140)