Atur Pedal Gas, Tidak Nyalakan AC

Minggu, 10 Desember 2017 - 10:44 WIB
Atur Pedal Gas, Tidak...
Atur Pedal Gas, Tidak Nyalakan AC
A A A
JAKARTA - Ketika ditantang untuk jadi paling irit, maka para peserta Honda Mobilio Battle of Efficiency yang dihelat pada Sabtu (9/12/2017) kemarin pun menjadi sangat kreatif.

Mereka bahkan punya kiat khusus agar konsumsi bahan bakar bisa dijaga seminimal mungkin. “Selain mengatur pedal gas dan tidak menyalakan pendingin udara, saya mengemudi dengan konstan,” ujar Indra Rizki, Mobility chapter Depok yang meraih konsumsi bahan bakar terbaik dengan 24,1 kilometer per liter.

Indra mengaku berupaya menjaga kecepatan berkisar 50 kpj hingga 60 kpj serta putaran mesin tetap di angka 1.500 sampai 2.000. “Saya juga menggunakan bensin Pertamax. Mulanya padahal sudah menembus 27,3 kpl, tapi karena macet dan rute jalan yang menanjak, maka turun di angka 24,1 kpl,” katanya sambil menyebut bahwa rata-rata konsumsi hariannya adalah 15 kpl. Rute Honda Mobilio Battle of Efficiency memang cukup menantang.

Karena sangat sesuai dengan rute yang dilalui sehari-hari, yakni dari Sunter menuju Jungleland Adventure Theme Park, Sentul, Bogor sejauh 57,9 km dalam waktu kurang dari 2 jam.

Selain bertemu macet di Cibubur, peserta yang mengendarai Mobilio E CVT keluaran 2017 itu juga harus menyesuaikan kawasan topografi kawasan Sentul City yang berbukit.

Pemenang uji efisiensi bahan bakar ini ditentukan berdasarkan hasil akhir penggunaan bahan bakar yang terekam pada multi information display (MID) yang terdapat pada panel dasbor Honda Mobilio.

Selain untuk membuktikan efisiensi bahan bakar Honda Mobilio, acara Honda Mobilio Battle of Efficiency juga bertujuan untuk mengedukasi konsumen mengenai cara berkendara yang hemat bahan bakar.

Diikuti Komunitas dan Calon Pembeli Mobilio Battle of Efficiency diikuti oleh komunitas dan calon pembeli.

“Ada 10 peserta dari komunitas Mobility (Mobilio Community) dan pembeli potensial Honda Mobilio,” ujar Manager Event & Activities PT Honda Prospect Motor (PM) Adhi Parama Sugarda.

Pada lomba berkonsep battle ini, para peserta yang berasal dari komunitas turun mewakili dua chapter yang berbeda, yaitu chapter Jakarta dan c hapter Depok.

Selain menjadi juara di seri ini, tiga peserta dengan konsumsi bahan bakar terbaik akan kembali berlaga di seri final mewakili chapter komunitasnya masing-masing.

"Sebenarnya ajang serupa sudah pernah dilakukan di awal kemunculan low MPV Honda Mobilio, yakni pada 2014 dan 2015 dengan nama Mobilio Wisata Plus. Saat itu, yang paling irit menembus angka 26,7 km/liter dengan rute Kelapa Gading-Kebun Raya Bogor,” sebut Asisten Manajer Public Relation HPM Yulian Karfili.

“Acara Honda Mobilio Battle of Efficiency merupakan bentuk apresiasi kami terhadap komunitas dan pengguna Honda Mobilio, sekaligus menjadi ajang pembuktian untuk efisiensi bahan bakar yang dimiliki mobil ini,” ujar Arfi, sapaan akrab Yulian Karfili.

Sejak diluncurkan pada tahun 2014, Honda Mobilio telah diterima dengan sangat baik oleh konsumen. Hal ini dibuktikan dengan penjualan Honda Mobilio yang telah terjual sebanyak lebih dari 195.000 unit dan telah meraih 18 penghargaan, di antaranya Car of the Year 2014, Best of the Best MPV 2015 , dan Best Low MPV 2017.

Honda Mobilio Battle of Effiiciency akan berlangsung sebanyak 4 seri dengan peserta yang berbeda di setiap serinya. (Danang Arradian)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2147 seconds (0.1#10.140)