Nasib Honda Mobilio: Dihentikan untuk Konsumen, Hanya Dijual untuk Taksi

Jum'at, 01 Maret 2024 - 14:19 WIB
loading...
Nasib Honda Mobilio: Dihentikan untuk Konsumen, Hanya Dijual untuk Taksi
Honda menyebut bahwa Mobilio bisa disuntik mati jika memang tidak ada permintaan. Foto: HPM
A A A
JAKARTA - PT Honda Prospect Motor (HPM) menegaskan masih memproduksi mobilio di pabrik mereka di Karawang, Jawa Barat. Namun, mobil jenis MPV tersebut saat ini hanya dijual untuk perusahaan taksi, dan jika tak dibutuhkan bisa langsung disuntik mati.

Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM Yusak Billy mengatakan Mobilio diproduksi karena ada kebutuhan pasar fleet. Honda sudah tidak lagi melayani pembelian retail atau penggunaan pribadi.

Salah satu perusahaan yang masih menggunakan Honda Mobilio adalah Bluebird yang menjadikannya sebagai armada taksi. Namun, Billy menegaskan tidak ada batasan minimal dalam pembelian Mobilio untuk pasar fleet.

“Sistemnya dibagi-bagi, ada Mobilio, ada Transmover. (Pembelian) Honda bebas, di atas 10 sudah dibilang fleet. Biasanya perusahaan, jadi kita atur
produksi jika memang ada permintaan,” kata Billi di Jakarta Pusat, Kamis (29/2/2024).

Salah satu alasan Honda tidak lagi menjual Mobilio secara retail karena merasa waktunya sudah habis. Menurut Billy, konsumen Indonesia menginginkan model yang baru, sesuai dengan perkembangan zaman.

“Setiap mobil pasti ada masa hidupnya, kapan harus diganti, harus di-stop. Kan suatu produk harus ada lifetime-nya, tergantung dari permintaannya. Kalau sudah selesai dan memang sudah tidak harus dibuat lagi itu kita pertimbangkan baik-baik sudah harus diganti kah atau dihentikan kah,” ujarnya.

Mobilio sempat menjadi sorotan di awal kemunculannya pada September 2013 silam. Pasalnya, saat itu Indonesia menjadi negara pertama yang merilis Low MPV tersebut dengan memanfaatkan platform Honda Jazz.



Hanya dalam waktu dua tahun, mobil 7 penumpang tersebut membukukan penjualan sebanyak 122.220 unit secara nasional. Pencapaian itu sangat positif bagi pendatang baru mengingat lawannya saat itu adalah Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang selalu mendominasi pasar.

Namun, setelah itu penjualan Honda Mobilio alami penurunan. Kendati begitu, produsen asal Jepang tersebut tidak berupaya melakukan pembaruan. Bahkan, Mobilio seperti sudah tidak ada dalam lini model mereka.

Itu terbukti dalam beberapa pameran otomotif nasional, seperti GIIAS, IIMS, dan sebagainya, Mobilio tidak disertakanolehHonda.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2298 seconds (0.1#10.140)