Group VW Ajukan Tawaran Saham Rp39 Triliun ke Perusahaan Truk AS

Senin, 03 Februari 2020 - 16:01 WIB
Group VW Ajukan Tawaran Saham Rp39 Triliun ke Perusahaan Truk AS
Group VW Ajukan Tawaran Saham Rp39 Triliun ke Perusahaan Truk AS
A A A
MUNICH - Traton kabarnya telah mengajukan penawaran sebesar USD29 miliar atau sekitar Rp39 triliun untuk mengakuisisi seluruh saham Navistar International Corporation.

Unit truk dan bus dari Volkswagen (VW) Group itu sebelumnya telah memiliki 16,8% saham Navistar. Pembelian itu terjadi pada September 2016.

Kemudian, sejak 2017, Traton dan Navistar mendapat banyak manfaat dari kemitraan strategis kedua perusahaan, yang memungkinkan mereka dapat meningkatkan daya beli dan mengintegrasikan teknologi baru.

"Ketika industri kendaraan komersial global terus berkembang, Traton percaya transaksi yang diusulkan adalah langkah logis berikutnya dan akan menghasilkan manfaat lebih besar," ujar VW Group dalam pernyataan resminya, dikutip dari Carscoops, Senin (3/2/2020).

Jika Navistar menerima tawaran VW, akan memberi VW langkah lanjutan di pasar truk berat AS. Artinya, VW menjadi pesaing yang lebih berat bagi Daimler Trucks dan Volvo AB.

Navistar merupakan perusahaan yang merakit truk, bus sekolah, kendaraan pertahanan, dan mesin di bawah mereknya. Dengan mengambil alih kemudi Navistar, VW dapat mengurangi ketergantungannya pada Eropa dan Amerika Selatan.

Sementara Traton saat ini berdiri di atas pijakan empat merek, yakni MAN, Scania, Volkswagen, dan RIO.

Traton berharap penawaran yang diajukan dapat rampung pada akhir 2020. Keberhasilan penawaran itu tergantung pada pendekatan mereka terhadap investor Carl Icahn, pemegang saham terbesar Navistar, dan Mark Rachesky, pemilik terbesar ketiga berkat 16% saham yang dipegang melalui MHR Fund Management.

Foto: Keberhasilan penawaran Traton tergantung pada pendekatan mereka terhadap investor besar Navistar.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9018 seconds (0.1#10.140)