VW bantu kenaikan penjualan mobil di Eropa

Selasa, 18 Februari 2014 - 15:49 WIB
VW bantu kenaikan penjualan...
VW bantu kenaikan penjualan mobil di Eropa
A A A
Sindonews.com - Penjualan mobil baru di Eropa naik untuk bulan kelima berturut-turut pada Januari 2014, sebagai sinyal dari pemulihan ekonomi di negara mata uang tunggal euro. Dua model kendaraan Volkswagen AG (VOW)'s, yaitu hatchback Golf dan sedan Audi A3 mendominasi penjualan.

European Automobile Manufacturers Association, ACEA mengatakan, pendaftaran atau penjualan mobil baru meningkat 5,2 persen dari tahun sebelumnya menjadi 967.800 kendaraan. Itu sebanding dengan lonjakan 13 persen dari penjualan Desember 2014.

Para produsen mobil memperkirakan kebangkitan bertahap dalam penjualan di Eropa pada 2014, setelah permintaan tahun lalu jatuh ke level terendah sejak 1995. Di mana lima pasar terbesar Eropa seluruhnya membukukan keuntungan.

Pertumbuhan tersebut didorong model-model baru, yaitu VW dengan merek mobil premium Audi; Renault SA (RNO)'s dengan mobil kompak crossover Captur dan hatchback Dacia Sandero; serta Ford Motor Co (F)'s melalui model Fiesta.

"Setelah masa di mana hidup menjadi kata kunci bagi banyak pemain di industri, kami akhirnya memasuki fase kebangkitan," kata Carlos Da Silva, analis mobil perusahaan riset pasar IHS Automotive, Paris, seperti dilansir dari Bloomberg, Selasa (18/2/2014).

"Kami tidak menggunakan kata-kata 'rebound' atau 'kelahiran kembali' pada hasil ini. Faktanya adalah kami mengantisipasi jalan yang cukup berliku ke depan," tambahnya.

Penjualan Volkswagen melonjak 8,2 persen pada bulan lalu. Di mana, seluruh divisi utama perusahaan berbasis di Wolfsburg, Jerman itu melaporkan keuntungan penjualan, termasuk pertumbuhan 7,6 persen untuk merek VW, 8,5 persen Audi dan 10 persen merek Skoda.

Penjualan Renault di Eropa, yang menempati peringkat ketiga setelah Volkswagen dan PSA Peugeot Citroen (UG) melonjak 13 persen, didorong kenaikan 38 persen mobil murah Dacia Marque. Sementara penjualan Peugeot naik 6,9 persen berkat model hatchback 308.

ACEA mengkompilasi angka untuk Uni Eropa ditambah Swiss, Norwegia dan Islandia. Adapun angka-angka pada Januari untuk pertama kalinya termasuk Kroasia, yang bergabung negara Uni Eropa ke-28 pada pertengahan 2013. ACEA memprediksi penjualan mobil di Eropa sepanjang 2014 akan meningkat sebesar 2 persen.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0951 seconds (0.1#10.140)