Mesin Datsun GO+ Nissan March Dikalibrasi Ulang

Kamis, 22 Mei 2014 - 08:37 WIB
Mesin Datsun GO+ Nissan March Dikalibrasi Ulang
Mesin Datsun GO+ Nissan March Dikalibrasi Ulang
A A A
CIREBON - Produk anyar dari PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Datsun Go+ Panca memiliki spesifikasi mirip dengan jantung pacu milik Nissan March atau Micra, yang mempunyai kode HR12DE. Dibekali mesin tiga silinder segaris yang mampu menghasilkan tenaga 68 dk. Jantung pacu berkapasitas 1.2 liter tersebut dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan.

Menanggapi hal tersebut, Assistant Chief Vehicle Engineer RNTBCI, Krishan Sundararajan, tidak menampik bahwa Datsun Go+ Panca memang mengambil basis mesin tiga silinder milik Nissan.

Meski demikian, beberapa perubahan dilakukan guna memenuhi syarat menjadi mobil LCGC (Low Cost Green Car). Krishan menyebut, jantung pacu yang sekarang dipakai Datsun GO+ Panca sudah dikalibrasi ulang dibagian ECU guna konsumsi bahan bakar.

"Dilakukan penghitungan ulang pada ECU sehingga lebih efisien, " katanya, di sela-sela media test drive di Cirebon, Jawa Barat, Rabu (21/5/2014) malam.

Ditempat yang sama, Sales President Product Planning, After Sales, Dealer, Development and Customer Satisfaction PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Teddy Irawan, saling "tukar antar saudara" digadang untuk memangkas harga jual.

"Untuk membuat suatu produk, hal yang paling mahal ialah riset. Harga Datsun GO+ Panca bisa lebih murah, karena kami sudah punya. Istilahnya, copas lebih cepat dari pada harus nulis ulang," imbuhnya.

Selain itu, harga jual Datsun GO+ Panca jauh lebih murah dari Nissan March lantaran syarat pemerintah yang mengharuskan mobil LCGC memiliki kandungan lokal hingga 88% pada 2019.

GO+ dibanderol mulai dari Rp85-Rp103 juta, sedangkan March 1.200 cc dilepas dengan harga mulai dari Rp151-Rp192 juta.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7248 seconds (0.1#10.140)