Ford Tahun Depan Gunakan Teknologi Adaptif Kemudi

Jum'at, 30 Mei 2014 - 18:56 WIB
Ford Tahun Depan Gunakan Teknologi Adaptif Kemudi
Ford Tahun Depan Gunakan Teknologi Adaptif Kemudi
A A A
DETROIT - Ford akan memperkenalkan teknologi adaptif kemudi terbaru tahun depan. Sistem kemudi adaptif ini dikembangkan hasil kerjasama dengan produsen suku cadang mobil Takata dari Jepang.

Dilansir dari Caradvice, Jumat (30/5/2014) sistem ini menggunakan aktuator presisi yang dikendalikan motor dan roda gigi dengan sistem listrik. Letaknya di dalam setir, untuk memvariasi rasio antara input kemudi pengendara dan berapa banyak roda depan berbelok.

Tidak seperti sistem kemudi tetap dengan rasio tradisional. Sistem adaptif terus mengubah rasio kemudi sesuai dengan kecepatan kendaraan. Tujuannya ialah mengoptimalkan respon kemudi di segala kondisi.

Ford mengatakan pada kecepatan rendah sistem akan membuat mobil lebih lincah. Hal tersebut karena sistem ini beradaptasi dengan mengubah atau mengurangi jumlah putaran roda kemudi yang diperlukan untuk sudut roda depan.

Pada kecepatan yang lebih tinggi, produsen asal AS tersebut mengklaim dapat mengoptimalkan respon kemudi, dan membuat mobil bereaksi lebih lancar dan tepat. Ford mengatakan, integrasi sistem kemudi adaptif tidak memerlukan perubahan sistem. Kecuali penyesuaian actuator.

Mobil produksi yang akan menggunakan steering adaptif baru akan dirilis awal 2015. Ford juga belum mengumumkan model apa yang akan merasakan sistem baru tersebut. Nampaknya kemungkinan besar Mondeo yang terpilih. Alasannya selama proses pengembangan, model ini yang menjadi basis.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5474 seconds (0.1#10.140)