Karyawan Lupa Kencangkan Baut Gearboks, Ratusan Mobil Ford Ditarik Kembali

Minggu, 19 Februari 2023 - 08:39 WIB
loading...
Karyawan Lupa Kencangkan Baut Gearboks, Ratusan Mobil Ford Ditarik Kembali
Ratusan mobil Ford ditarik kembali karena karyawan lupa kencangkan baut saat merakitnnya. FOTO/ DOK GM
A A A
NEW YORK - Ford mengumumkan recall atau tarik kembali 944 unit mobil karena baut-baut yang longgar. Memang hanya ulir tapi bisa menyebabkan kendaraan bergerak sendiri meski persneling sudah di posisi netral.



Seperti dilansir dari situs resmi Badan Kesalamatan Transfortasi Amerika Serikat (NHTSA), masalah tersebut disebut-sebut bermula ketika staf yang terlibat dalam perakitan girboks lupa mengencangkan sekrup dalam proses perakitan.

Insiden pertama terdeteksi pada 30 Desember 2022 ketika sebuah Ford Explorer dibawa ke pusat layanan karena kegagalan transmisi meskipun baru dikendarai sejauh 29 mil setelah dibeli. Teknisi bengkel resmi menemukan sekrup longgar di kotak roda gigi.

Ini dianggap sebagai kasus yang terisolasi tetapi pada 11 Januari tahun ini, namun pekerja pabrik perakitan Ford melaporkan dua Ford Broncos bergerak maju sendiri meskipun persneling berada di posisi "Parkir".

Ford segera memulai prosedur peninjauan kualitas secara menyeluruh jika masalah yang sama terjadi lagi.

Sementara beberapa kendaraan yang telah diproduksi segera dihentikan. Gejala yang dilaporkan adalah kendaraan bergerak sendiri selain suara bising dari gearbox.

Dari 944 unit yang bermasalah, 600 unit masih belum terjual dan di antara model yang terlibat adalah Lincoln Aviator, Bronco, F-150, Mustang dan Explorer. Ford Ranger tidak baik-baik saja.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2597 seconds (0.1#10.140)