Suzuki Terapkan Sistem Pasok Regional

Kamis, 05 Juni 2014 - 18:46 WIB
Suzuki Terapkan Sistem Pasok Regional
Suzuki Terapkan Sistem Pasok Regional
A A A
BEKASI - Executive Vice President Suzuki Motor Corp Toshihiro Suzuki mengatakan, dalam memasarkan produknya, Suzuki melakukan kerja sama regional antara perusahaan cabang Suzuki di kawasan ASEAN atau sistem pasok regional.

Setiap pabrik Suzuki di berbagai negara saling memasok kendaraan ke negara lainnya. "Swift Thailand dipasarkan di Indonesia. Ertiga buatan Indonesia diekspor ke Thailand sejak Mei 2013 dan mulai 2014 (Ertiga buatan Indonesia) dipasarkan ke Brunei Darussalam," katanya di Bekasi, Kamis (5/6/2014).

Menurutnya, beberapa pabrik Suzuki juga saling memasok mobil keadaan terurai (completely knocked down/CKD). "Dalam bentuk CKD, Thailand suplai kebutuhan produksi di Malaysia dan Vietnam. Indonesia suplai kebutuhan di Vietnam," ujarnya.

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat berpendapat bahwa hal tersebut hanya permasalahan internal perusahaan saja.

"Sebetulnya itu lebih banyak karena masalah intern mereka, karena (produk) yang dibuat di Thailand (juga) dibuat di Indonesia. Pertukaran produk, tidak untuk kepentingan memperbesar peredaran mobil nasional," kata Hidayat.

Selain itu, kerja sama tersebut tidak berpengaruh terhadap investasi automotif. Sebab, kerja sama tersebut bertujuan memperlancar penjualan mobil mereka.

"Itu lebih banyak untuk memperlancar trading antar pabrik mereka. Seperti sekarang ini, dikirim ke Pakistan. Di sana sudah disiapkan assembling plan-nya. Mereka memproduksi CBU di sana untuk dipasarkan di negaranya," pungkas Menperin.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9262 seconds (0.1#10.140)