Penyebab Knalpot Motor Nembak dan Solusi untuk Menanganinya

Jum'at, 24 September 2021 - 22:05 WIB
loading...
Penyebab Knalpot Motor Nembak dan Solusi untuk Menanganinya
Knalpot motor yang mengeluarkan suara keras acap mengganggu pengemudi maupun pengguna jalan yang lain. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Ada banyak permasalahan yang kerap kali terjadi pada kendaraan bermotor, salah satunya knalpot ”nembak” ketika gas dilepas. Bila begitu, tentu bunyinya sangat mengganggu. Tak hanya bagi pemilik motor, tapi juga pengendara lainnya.



Untuk itu, berikut ini penting untuk dipahami penyebab knalpot nembak dan solusi untuk menanganinya, dilansir dari laman Suzuki:

• Lupa Menutup Tutup Choke

Penyebab pertama mengapa knalpot nembak ketika melepas gas adalah karena bagian choke yang belum tertutup. Sebenarnya hal yang satu ini sangat sepele tetapi sering dilewatkan. Ketika membuka choke, jangan lupa untuk langsung menutupnya agar tidak mengalami masalah.

Penyebab Knalpot Motor Nembak dan Solusi untuk Menanganinya

Jika tidak menutup choke, maka hal yang akan terjadi adalah knalpotnya berbunyi seperti terkena ledakan. Hal ini juga akan menyebabkan munculnya aliran deras dari bahan bakar sehingga menjadi boros

• Knalpotnya Mengalami Kebocoran

Penyebab knalpot nembak berikutnya adalah komponen tersebut sudah mengalami kebocoran. Komponen yang mengalami kebocoran berasal dari knalpot itu sendiri. Cara mengetahuinya adalah dari suara kendaraan mengalami kebisingan atau tidak.

• Ada Masalah Pada Saluran Mesin Kendaraan

Untuk penyebab lain mengapa knalpot nembak adalah karena terjadinya masalah pada bagian saluran mesin. Biasanya hal ini terjadi pada bagian selang udara. Jika normal maka tidak akan memunculkan suara berisik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1852 seconds (0.1#10.140)