Toyota Resmi Kembali ke WRC

Senin, 04 Agustus 2014 - 15:49 WIB
Toyota Resmi Kembali ke WRC
Toyota Resmi Kembali ke WRC
A A A
TOKYO - Presiden Toyota, Akio Toyoda, nampaknya bakal menepati janji yang dibuat Januari lalu untuk kembali ke ajang World Rally Championships (WRC). Raksasa Jepang ini akan kembali ke ajang rally terpanas dengan GT86 CS-R3, dan membuat debut WRC di ADAC Rallye Deutschland 21 Agustus mendatang.

GT86 CS-R3 dibangun dari mobil versi Eropa yang dikenal sebagai Scion FR-S dan Subaru BRZ di Amerika Serikat (AS). Ketika berlaga, mobil ini akan menjadi satu-satunya yang menggunakan penggerak roda belakang di kelasnya. Keputusan berani, sebab WRC dikenal sebagai mobil dengan pemijahan turbocharged dan sistem penggerak all wheel drive.

Seperti diperbolehkan oleh aturan WRC, mesin GT86 CS-R3 berkapasitas 2.0 liter telah dimodifikasi secara substansial dengan mengangkat cam lebih agresif, rasio kompresi lebih tinggi dan meningkatkan ECU. Hasilnya, terjadi peningkatan daya hingga 40-50dk yang ditransfer oleh transmisi 6 kecepatan sequential shift.

Melansir laman Leftlanenews, Senin (4/8/2014), selain dapur pacu, peningkatan suspensi dan rem juga akan dipasang untuk menghadapi medan berkerikil dan aspal. Lebih jauh, nantinya Toyota juga akan menawarkan mobil untuk dijual ke tim balap privateer.

GT86 CS-R3 menandai kembalinya Toyota di WRC sejak 2002, yang pertama kali mencicipi ajang ini pada awal 1970-an dengan Celica yang juga berpengerak roda belakang. GT86 CS-R3 saat ini masih berupa prototype dan belum ditentukan harga jualnya, namun Toyota mengatakan banderol harga akan bersaing dengan mobil lain di kelas R3.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5685 seconds (0.1#10.140)