Siap-Siap Crossover Listrik Audi Bakal Mengaspal

Selasa, 05 Agustus 2014 - 10:15 WIB
Siap-Siap Crossover Listrik Audi Bakal Mengaspal
Siap-Siap Crossover Listrik Audi Bakal Mengaspal
A A A
BAVARIA - Audi tengah bersiap memperluas jangkauan pasar dengan menelurkan dua buah mobil listrik, satu bergaya crossover, sedangkan satunya SUV (Sport Utility Vehicle) yang rencananya akan mengaspal pada 2018 mendatang.

Melansir laman Autoblid, Selasa (5/8/2014), model crossover kompak Audi diberi nama A2Q, dan akan langsung menantang dominasi BMW i3. Pemilihan nama A2Q digunakan karena Alfa Romeo sudah melisensi nama Q2 dan Q4 bertahun-tahun lalu.

A2Q akan dibangun dari platfrom MQB yang fleksibel milik Volkswagen Group, sama seperti arsitektur Audi A3 serta VW Golf. Secara kasat mata, bahasa desain A2Q mirip seperti Audi A2 yang pertama kali dikenalkan di Frankfurt Motor Show 2011.

Meski demikian, secara keseluruhan A2Q akan lebih tinggi dan berprofil lebih kaku, dengan moniker lebih condong ke model A daripada Q Audi. Dengan begitu, crossover ini akan menawarkan kapasitas 5 penumpang.

Menurut laporan prematur, A2Q akan mengusung motor listrik kompak yang ditenagai oleh baterai lithium ion. Jika terbukti benar, maka mobil ini sanggup melaju sejauh 498 km dengan teknologi baterai terbarunya.

Sedangkan model listrik Audi lainnya ialah SUV Q6, yang akan bertarung dengan Tesla Model X dengan pasar terbesar Amerika Serikat dan China. Disebutkan Caradvice dalam posting terpisah, bahwa Q6 merupakan versi sporty dari Q5.

Kendati detail teknis masih samar, namun Autobild menyebut, Q6 sanggup menjelajah hingga 700 km hanya dengan kekuatan baterai. Majalah automotif Jerman tersebut juga melansir, Q6 akan ditawarkan dalam versi bensin, solar, dan plug-in hybrid.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7803 seconds (0.1#10.140)