Honda Segera Hadirkan Teknologi Supercharged

Kamis, 07 Agustus 2014 - 17:46 WIB
Honda Segera Hadirkan Teknologi Supercharged
Honda Segera Hadirkan Teknologi Supercharged
A A A
TOKYO - Suzuki telah mengungkapkan model konsep turbocharged recursion, sedangkan Kawasaki juga menunjukkan mesin empat silinder terbarunya. Tak mau ketinggalan, pabrikan Honda segera menyusul bersaing dengan dua rivalnya dengan mengeluarkan teknologi mesin dengan sistem induksi paksa terkini.

Honda melakukan ini mengantisipasi mengenai pembatasan emisi gas buang yang berlaku pada sepeda motor baru yang akan diberlakukan pada 2017. Diantara merek Jepang, hanya Yamaha yang belum ada tanda-tanda melangkah ke arah ini.

Seperti yang dilansir dari Motorcyclist, Kamis (7/8/2014), Honda menyiapkan dua desain mesin baru dengan sistem supercharger/turbocharger.

Mesin pertama merupakan modifikasi mesin parallel twin, SOHC, V4, milik VFR1200F. Sedangkan mesin kedua menggunakan mesin 4-silinder segaris. Mesin menggunakan silinder terbalik, mencomot desain Honda NSF250R Moto3 racebike.

Seperti yang disebutkan di atas, dengan adanya peraturan baru mengenai emisi gas buang, pabrikan dipaksa memangkas level CO2 pada setiap mesin agar lebih ramah lingkungan.

Teknologi yang memanfaatkan tenaga induksi adalah cara cepat mendapatkan tenaga yang sama seperti mesin konvensional, namun menggunakan kapasitas mesin yang lebih kecil. Cara seperti ini telah digunakan di banyak mobil-mobil baru. Tinggal kapan pabrikan roda dua mengaplikasikan hal tersebut.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9078 seconds (0.1#10.140)