Honda FCV Concept Resmi Diperkenalkan di Tokyo

Selasa, 18 November 2014 - 21:23 WIB
Honda FCV Concept Resmi Diperkenalkan di Tokyo
Honda FCV Concept Resmi Diperkenalkan di Tokyo
A A A
TOKYO - Honda kenalkan mobil konsep listrik terbarunya yaitu Honda FCV Concept di Tokyo, Jepang. Honda FCV (Fuel Cell Vehicle) Concept menampilkan teknologi terbaru dari Honda yaitu New Fuel-Cell Stack dan Honda Power Exporter Concept. Sebuah perangkat yang mampu menghasilkan tenaga AC sebesar 9 KW.

Mobil ini akan mulai dijual di Jepang akhir Maret 2016, menyusul benua Amerika dan Eropa. Honda akan mengaplikasikan Smart Hydrogen Station (SHS) yang menggunakan High Differential Pressure Electrolyzer pada stasiun pengisian bahan bakar hidrogen. Ini merupakan upaya Honda menciptakan kendaraan masa depan serta masyarakat yang bebas dari CO2.

Honda FCV Concept pengganti model Honda FCX Clarity. Honda mengembangkan Fuel-Cell Stack baru pada mobil ini. Fuel-Cell yang digunakan 33% lebih kecil dibandingkan Fuel-Cell yang pernah ada sebelumnya, serta dapat menghasilkan tenaga sebesar 100 kW pada setiap 3.1 kW/L-nya.

Pengembangan performa yang dilakukan pada Honda FCV Concept menghasilkan perbedaan kurang lebih 60% dibandingkan model sebelumnya. Penempatan powertrain membuat kabin mobil menjadi lebih nyaman dan lebih luas untuk diisi lima orang penumpang.

Dilengkapi tangki penyimpanan hidrogen bertekanan tinggi sebesar 70 MPa yang mampu membuat kendaraan dapat melaju lebih dari 700 km (pengetesan internal Honda). Tangki dapat diisi ulang sekitar tiga menit, membuat pengisian bahan bakar menjadi lebih cepat dan mudah.

Honda FCV Concept menampilkan External Power Feeding Function, yang mengalami tes verifikasi dengan FCX Clarity. Ketika digabungkan dengan perangkat daya eksternal, FCV ini dapat berfungsi sebagai pembangkit listrik versi mobile berukuran kecil yang mampu menghasilkan dan menyediakan tenaga listrik, misalnya saat terjadi bencana atau peristiwa lainnya.

Honda akan terus berkontribusi dalam mempersiapkan “Hydrogen Energy Society”, dan turut aktif dalam merespons setiap tantangan baru di bidang teknologi hidrogen.

Selain itu, Honda juga akan mengembangkan Smart Hydrogen Station yang menggunakan high Differential Pressure Electrolyzer pada stasiun pengisian bahan bakar hidrogen.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9325 seconds (0.1#10.140)