Menteri Saleh Dorong Pengembangan Esemka

Jum'at, 13 Februari 2015 - 16:56 WIB
Menteri Saleh Dorong Pengembangan Esemka
Menteri Saleh Dorong Pengembangan Esemka
A A A
SOLO - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan terus memberikan dukungan untuk pengembangan mobil Esemka. Dukungan itu diberikan agar pemegang merek mobil tersebut mengembangkan lebih baik produk miliknya.

Menteri Perindustrian Saleh Husin menyebutkan, tugas pemerintah memberikan dukungan kepada para perusahaan dalam negeri. Menurutnya, perusahaan dalam negeri harus berkembang dan memiliki daya saing untuk bertarung dalam pasar global.

Saleh mengatakan, model dukungan tersebut paling tidak menurutnya adalah mencarikan sumber permodalan untuk pengembangan esemka. Pasalnya untuk pengembangan industri di bidang automotif seperti Esemka perlu permodalan yang besar.

"Industri automotif itu memang harus padat modal, jadi harus dicarikan sumber dana dari pihak lain," ucapnya saat kunjungan ke Pabrik Esemka di Solo Techno Park (STP), Jumat (13/2/2015).

Meski memberikan dukungan kepada Esemka, pemerintah belum berencana membawa Esemka menjadi proyek mobil nasional. Pemerintah belum berencana melakukan penjajagan terkait masalah itu.

Saat ini konsentrasi pemerintah mendorong agar Esemka segera mendapatkan modal. Hal itu menurutnya penting untuk biaya produksi komponen yang dipakai untuk mobil Esemka.

Menurutnya, jika nantinya komponen bisa diproduksi sendiri di dalam negeri dengan harga yang murah, maka nantinya mobil itu bisa berkembang dan bisa lebih murah.

"Untuk mobnas belum ada rencana, kalau kemarin ada kerja sama dari Proton Malaysia dan Adiperkasa Citra Lestari itu murni kerja sama swasta, tidak ada hubungannya dengan pemerintah," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7363 seconds (0.1#10.140)