Ford Ciptakan Dua Tipe Sepeda Listrik Masa Depan

Selasa, 03 Maret 2015 - 13:27 WIB
Ford Ciptakan Dua Tipe...
Ford Ciptakan Dua Tipe Sepeda Listrik Masa Depan
A A A
MICHIGAN - Tidak ada yang meragukan Ford dalam membangun mobil. Namun dibalik nama besar tersebut, pabrikan ternyata memiliki impian menciptakan moda transportasi baru, bentuk yang dipilih ternyata sepeda listrik (e-bike).

Dilansir dari Leftlanenews, Selasa (3/3/2015), hal tersebut diumumkan pabrikan saat Mobile World Congress. E-bike yang telah masuk tahap percobaan ini merupakan salah satu bagian dari program Ford Smart Mobility plan.

Proyek e-bike Ford diberi nama "Handle on Mobility". Tujuan utama yaitu untuk meningkatkan mobilitas komuter, sekaligus mengurangi kemacetan di sekitar pusat-pusat kota.

Ada dua e-bike yang ditawarkan. Sepeda pertama adalah MoDe:Me, yang dibangun dengan bantuan produsen sepeda Dahon. Sepeda ini dirancang untuk komuter perkotaan dan mmemiliki desain yang membuatnya mudah dilipat dan ditaruh di mobil penumpang apapun.

Ide di balik MoDe: Me yakni komuter akan mengendarai mobil mereka ke pinggiran kota, dan kemudian menggunakan e-bike (baik sendiri atau dalam kombinasi dengan angkutan umum) untuk mencapai pusat kota.

E-bike kedua bernama MoDe:Pro yang dibangun dan dirancang sepenuhnya oleh Ford. Sedikit berbeda dengan saudaranya, MoDe:Pro dirancang untuk para profesional seperti kurir ataupun teknisi listrik, pipa jaringan atau telepon.

Meski dari sisi fungsi dibedakan, persamaan keduanya yaitu tenaga penggerak didapat dari motor listrik, disamping pedal kayuh biasa. Motor listrik tersebut mampu menyediakan tenaga hingga mencapai kecepatan 15,5 mph.

Karena dirancang sebagai kendaraan masa depan, sepeda bebas polusi ini akan memiliki sistem sonar belakang yang memperingatkan pengendara ketika menyalip kendaraan didepannya melalui setang yang bergetar.

E-bike Ford juga dirancang terkoneksi dengan aplikasi iPhone yang dikenal sebagai mode Link. Ketika terhubung dengan sepeda, mode Link dapat memberikan turn-by-turn navigation layaknya GPS.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1294 seconds (0.1#10.140)