Window Jam Protection di Daihatsu New Terios Aman Begal

Senin, 23 Maret 2015 - 20:28 WIB
Window Jam Protection di Daihatsu New Terios Aman Begal
Window Jam Protection di Daihatsu New Terios Aman Begal
A A A
JAKARTA - Sejumlah fitur keamanan mulai diterapkan ke Daihatsu New Terios. Satu paling mengundang perhatian ialah Window Jam Protection, yang berfungsi untuk melindungi atau mengurangi risiko tangan pengemudi terjepit kaca.

Dengan Window Jam Protection, kaca akan kembali membuka otomatis jika ada benda yang menghalangi. Kendati tujuannya sangat baik, fitur ini bisa berbalik menjadi kelemahan, karena dianggap kurang cocok melihat tingginya angka kriminalitas jalanan.

Sebab jika ada aksi kejahatan, dan tangan masuk dari luar kaca maka ada kemungkinan kaca kembali terbuka. Bukan sebaliknya. Hal ini yang kemudian menjadi fokus kelemahan jika ada begal atau kapak merah di lampu merah.

Executive Officer R&D Astra Daihatsu Motor (ADM) Pradipto Sugondo mengatakan, teknologi tersebut sejatinya dipasang untuk melindungi anggota tubuh. Bahkan kedepan ada rencana melengkapi fitur ini di semua pintu.

"Sebetulnya kami ingin melengkapinya di semua pintu. Tapi ini feed back yang luar biasa. Ini bisa menjadi masukan kita ke depannya, untuk menonaktifkan fitur tersebut secara manual pada Daihatsu Terios," tuturnya belum lama ini.

Melanjutkan Pradipto, Direktur Marketing ADM, Amelia Tjandra menjamin fitur baru ini aman dari tindak kejahatan. Pasalnya beragam skenario di fitur Window Jam Protection sudah dipikirkan oleh desainer Daihatsu.

"Desainer Daihatsu sudah memikirkan semuanya. Begal itu kan dari luar, fitur ini beroperasi dari dalam. Jadi fitur ini aman dari begal. Mereka tidak bisa buka kaca jendela, paling yang bisa ialah memecahkan kaca," tegas Amelia.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8391 seconds (0.1#10.140)