Menperin Saleh Husin Dorong Isuzu Ekspor 50% Produksi

Selasa, 07 April 2015 - 17:00 WIB
Menperin Saleh Husin Dorong Isuzu Ekspor 50% Produksi
Menperin Saleh Husin Dorong Isuzu Ekspor 50% Produksi
A A A
KARAWANG - Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mendorong produsen automotif mendongkrak volume ekspor. Salah satunya PT Isuzu Astra Motor Indonesia yang baru saja membangun pabrik di Karawang, Jawa Barat.

"Indonesia memang menarik bagi pemasaran automotif. Tapi pabrikan harus memaksimalkan aktivitas produksi dengan memperbanyak ekspor ke kawasan regional, bahkan global," ujarnya, saat meresmikan pabrik mobil PT Isuzu Astra Motor Indonesia di Karawang, Jawa Barat, Selasa (7/4/2015).

Pabrik yang menyerap investasi Rp1,3 triliun ini bakal memproduksi truk kelas ringan sampai truk kelas menengah (Isuzu Elf dan Isuzu GIGA). Pemerintah mendukung pembangunan pabrik seluas 30 hektare ini. Apalagi pihak manajemen berencana mengekspor kendaraan ke berbagai negara.

"Untuk itu, saya minta Isuzu dapat mengekspor lebih dari 50% produk yang dihasilkan. Hal ini penting dilakukan karena selain dapat mempercepat pengembalian investasi, juga dapat membantu Indonesia mengurangi defisit perdagangan," ujar Menperin.

Presiden Direktur Isuzu Astra Motor Indonesia, Yohannes Nangoi menyampaikan optimisme perusahaan. Menurutnya, pabrik ini menjadi pijakan penting bagi Isuzu dalam memastikan Indonesia sebagai basis produksi.

Melalui pabrik ini, pihaknya akan menyerap tenaga kerja baru sekitar 1.000 orang dan melibatkan sekitar 136 industri komponen tier-1 dan sekitar 544 perusahaan industri komponen tier-2. Total tenaga kerja yang terlibat mencapai 150 ribu orang.

"Kami berharap dan yakin, kendaraan bermesin diesel produksi Isuzu turut menggerakkan perekonomian Indonesia dan perluasan lapangan kerja" kata Nangoi.

Pabrik Karawang Plant ini berkapasitas terpasang 52 ribu truk dan dapat ditingkatkan hinggan 80 ribu truk per tahun.

Turut hadir pada peresmian ini, Menteri Perdagangan RI Rachmat Gobel, Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar, dan Presdir PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9355 seconds (0.1#10.140)