Penghapusan Premium Berdampak pada Penjualan Mobil

Jum'at, 17 April 2015 - 20:46 WIB
Penghapusan Premium Berdampak pada Penjualan Mobil
Penghapusan Premium Berdampak pada Penjualan Mobil
A A A
JAKARTA - Pemerintah tak lama lagi akan menghapuskan keberadaan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium. Rencanannya PT Pertamina akan menggantikan dengan jenis baru dengan nama Pertalite. Pemberlakuan ini rencananya akan di mulai Mei 2015. (Baca: Pertamina Tak Akan Langsung Hapus BBM Premium)

Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Ahmad Bambang, menjelaskan, nantinya Pertalite akan memiliki kadar oktan lebih tinggi dari premium dan lebih rendah dari pertamax. Ukuran RON untuk Pertalite diperkirakan sekitar 90 hingga 91. Harga yang patok lebih murah dari pertamax.

Menurutnya, Pertalite memiliki keunggulan lebih besar dibanding premium. Selain bensin tersebut lebih bersih, Pertalite juga dipastikan tidak membuat mesin kendaraan mudah rusak dan bunyi.

Perubahan Premium ke Pertalite memang akan lebih baik bila dilihat dari kualitas yang bersinggungan dengan mesin kendaraan. Namun di sisi lain akan menimbulkan beberapa dampak yang muncul khususnya pada Agen Pemegang Merek).

"Penghapusan Premium menjadi Pertalite dampak baiknya akan memperpanjang usia mesin kendaraan, karena RON nya lebih tinggi. Kami dari awal memang tidak menyarankan untuk menggunakan premium pada produk kami," ujar Jerry Amran, Head of MMC Public Relations Section PT Krama Yudha Tiga Berlian lewat sambungan telpon, Jumat (17/4/2015).

Jerry menambahkan, pengaruh lain yang akan ditimbulkan adalah penjualan produk. Pasti akan mengalami penurunan, namun ini biasanya tidak berlansung lama. Masyarakat akan mempertimbangkan untuk membeli mobil baru. Pilihan utama mereka biasanya produk yang irit BBM.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5280 seconds (0.1#10.140)