Tercium Bau Gosong di Dalam Mobil, Ini yang Harus Anda Cek!

Rabu, 15 Februari 2023 - 16:06 WIB
Ada beberapa hal yang harus diperiksa ketika mobil Anda tercium bau gosong. Foto: Sindonews/Danang Arradian
JAKARTA - Bau gosong yang tercium di dalam mobil bisa berbahaya. Sebab, besar kemungkinan terjadi kerusakan mekanis yang serius di kendaraan.

Karena itu, apabila tercium bau gosong di mobil, ada beberapa komponen yang harus diperiksa. Demikian dilansir dari Auto2000:

1. Kopling dan rem

Jika Anda mencium bau hangus ketika mengganti gigi mobil, kemungkinan kopling mobil bermasalah. Bisa juga bantalan rem mobil rusak. Penyebabnya, Anda menginjak pedal kopling terlalu keras. Sehingga menghasilkan gesekan antara facing kopling dan tergelincir.

Jika Anda menekan rem terlalu keras, bantalan rem akan terlalu panas sehingga menimbulkan bau hangus. Sebaiknya Anda menurunkan gigi untuk mengatasinya. Mungkin juga rem terseret karena kaliper rem mobil tertahan.



Salah satu cara untuk memeriksa bantalan rem adalah dengan merasakan apakah ada roda mobil yang panas. Jika tidak ada, kemungkinan kopling mobil yang terlalu panas.

2. Rem tangan

Jika mobil Anda masih memakai rem tangan model tarik, segera cek. Pastikan rem tangan Anda tidak terpasang selagi menyetir. Ini bisa membuat rem bergesekan dan menimbulkan bau seperti hangus.

2. Suhu mobil
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More