6 Tips Bikin Sepeda Motor Hemat BBM, No 3 Sering Kelewat

Jum'at, 07 April 2023 - 19:10 WIB
Saat proses pembakaran, sistem injeksi atau karburator akan membutuhkan udara yang bersih, dan itu didapat berkat hasil penyaringan udara melalui filter udara. Namun, jika filter udara kotor tentu berimbas pada proses pembakaran di dalam mesin.

Selain membuat mesin jadi tidak bertenaga, kondisi tersebut dapat merusak komponen mesin jika dibiarkan dalam waktu yang lama.

5. Perhatikan Rantai atau CVT

Rantai atau CVT menjadi salah satu bagian yang harus selalu diperhatikan oleh pengendara. Keberadaannya sangat memengaruhi kualitas berkendara selama di jalan dan merupakan salah satu bagian yang cukup vital bagi kendaraan.

Merawat dan menjaga kondisi akan membuat usia pemakaiannya jadi lebih tahan lama. Selain itu, proses transfer tenaga dari mesin ke roda belakang tetap optimal. Jika kondisi rantai atau CVT tak terjaga, bisa menghambat proses transfer tenaga ke roda belakang sehingga performa mesin akan menurun.

Kondisi rantai atau CVT yang tak terawat dapat membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih boros dan menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya.

6. Cek Daya Cengkram Ban

Ini komponen yang cukup vital pada sebuah kendaraan. Ban berfungsi untuk menyalurkan tenaga dari mesin sehingga motor dapat bergerak. Apabila daya cengkeram ban berkurang, maka risikonya bisa terjadi kecelakaan akibat ban tergelincir.

Selain menjadi penunjang keamanan dan kenyamanan berkendara, kondisi ban juga memengaruhi konsumsi bahan bakar. Hal itu diakibatkan oleh daya cengkram ke aspal yang tak sempurna atau bobot berlebih dan tak sesuainya ukuran ban sesuai anjuran pabrik.

Kondisi ban yang tak terawat dapat mengakibatkan berkurangnya daya cengkram ke permukaan jalan hingga mudah slip saat berkendara. Penggunaan tenaga yang tersalur ke roda belakang juga menjadi tak optimal.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More