Mudik Lebaran Bawa Mobil Pribadi? Wajib Cek 8 Komponen Ini!

Senin, 10 April 2023 - 07:11 WIB

5. Rem

Sistem pengereman sangat penting untuk diperiksa. Pastikan kinerjanya baik. Cek volume minyak rem, pastikan tak ada kebocoran pada selang rem, dan juga ketebalan kampas rem.

6. Lampu-lampu



Lampu-lampu mobil kerap diabaikan oleh pemilik kendaraan dan membiarkannya dalam kondisi mati, redup, atau kotor. Padahal, lampu jadi komponen penting bagi keselamatan diri sendiri dan juga orang lain. Cek soket lampu dan segera ganti lampu yang bermasalah. Bawa serta lampu cadangan, terutama lampu utama dan lampu rem.

7. Aki

Aki merupakan salah satu sumber utama kelistrikan mobil yang harus dijaga karena memiliki risiko korsleting jika tak dirawat dengan baik. Atau tentu sangat merepotkan jika mobil tidak bisa dinyalakan. Cek kinerja alternator untuk memastikan pasokan listrik ke aki terjaga dengan baik.



8. Cairan

Seluruh cairan di mobil juga perlu diperiksa, seperti air radiator dan air washer. Pastikan air radiator pada tangki penampungan tidak kurang dari batas maksimal dan tidak ada kebocoran pada salurannya. Air washer memiliki fungsi membersihkan kaca depan. Pastikan dalam ukuran cukup, sekaligus memastikan wiper dalam kondisilayakpakai.
(dan)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More