Viral Video Sepeda Nabi Adam di Jeddah, Intip Fakta di Baliknya!

Sabtu, 03 Juni 2023 - 21:10 WIB
Sepeda berukuran raksasa di kota Jeddah menjadi viral karena disebut sebagai milik Nabi Adam. Foto: dok Sculptur of Jeddah
JEDDAH - Dunia maya belakangan ini diramaikan dengan video yang memperlihatkan sebuah monumen sepeda raksasa. Dalam video yang viral itu, sejumlah ibu-ibu menyebut sepeda super besar itu kepunyaan Nabi Adam .

Tentu saja, video tersebut langsung menuai ragam komentar dari warganet. Kebanyakan memberikan tanggapan lucu terkait celetukan ibu-ibu di dalam video. Bahkan tak sedikit pula yang me-repost atau membuat video parodinya.

“Pelan-pelan Pak Sopir, astagfirullahaladzim,” ujar seorang ibu dalam video yang viral di TikTok dan Twitter.

“Tuh, sepeda Nabi Adam ya, wey,” timpal ibu lainnya.

"Sepeda Nabi Adam," lanjutnya.



Video yang ini sudah tersebar luas di media sosial. Lantas benarkah sepeda raksasa di video itu milik Nabi Adam? Apa saja fakta dibalik sepeda tersebut? Berikut informasinya dirangkum dari berbagai sumber:

Karya arsitek Spanyol

Faktanya, monumen raksasa tersebut sama sekali tidak ada kaitannya dengan Nabi Adam. Patung sepeda ini merupakan karya seni dari arsitek asal Spanyol, Julio Lafuente. Dia sempat pindah ke Prancis bersama keluarganya. Lafuente belajar banyak soal arsitektur di sana.

Ia kemudian kembali ke Spanyol pada 1941 sembari terus mengasah kemampuan arsitekturnya. Pada 1953, Lafuente bekerja dengan studio Monaco Luccichenti dan mewujudkan beberapa proyek bersama insinyur Gaetano Rebecchini.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More