Intip 5 Perbedaan Sirkuit Tes SIM C Versi Lama dan Baru, Jauh Lebih Mudah?

Rabu, 09 Agustus 2023 - 12:58 WIB
Perubahan sirkuit tes SIM C menghilangkan jalur keramat angka 8. Foto/Instagram @ntmc_polri
JAKARTA - Ada sejumlah perbedaan sirkuit tes SIM C versi lama dan terbaru. Salah satunya adalah menghilangkan jalur keramat angka 8 yang kerap dikeluhkan sulit oleh masyarakat.

Korps Lalu Lintas ( Korlantas ) Polri telah menerapkan skema ujian praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) C terbaru beberapa waktu lalu. Berdasarkan kebijakan ini, terdapat beberapa perubahan termasuk bentuk sirkuit ujian praktiknya.

Perubahan ini resmi berlaku sejak 4 Agustus 2023. Adapun tujuannya sendiri dalam rangka memberi kemudahan kepada para pemohon SIM C yang hendak melakukan ujian praktik.

Lantas, seperti apakah perbedaan sirkuit tes SIM C versi lama dan baru?

Dilansir dari laman NTMC Polri, berikut perbedaan sirkuit tes SIM C versi lama dengan yang baru.



Perbedaan Sirkuit Tes SIM C Versi Lama dan Baru

1. Perubahan Sirkuit

Pada ketentuan terbaru, tempat pelaksanaan ujian praktik SIM C akan menggunakan sirkuit baru. Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengatakan bahwa ketentuan tersebut didasarkan pada Keputusan Kakorlantas Polri Nomor: Kep/105/VIlI/2023 tanggal 4 Agustus 2023.



Pada pelaksanaan praktik uji SIM C, pemohon akan melakukan tes dengan lintasan baru. Dari sekian perubahan yang dilakukan, hal ini ditujukan untuk mempermudah pemohon SIM menjalani tes.

2. Hilangnya Lintasan Berbentuk Angka 8 dan Zig-zag

Lintasan keramat angka 8 menjadi salah satu hal yang ditakuti para pemohon SIM C. Umumnya, lintasan ini berbentuk seperti angka delapan dan pemohon harus bisa melewatinya dengan benar.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More