Rangka eSAF Diduga Keropos dan Berkarat, Begini Jawaban AHM

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 18:12 WIB
Suasana booth AHM di ajang GIIAS 2023, yang memamerkan berbagai skutik terbaru mereka. Foto: AHM
JAKARTA - Rangka eSAF milik Honda belakangan viral di media sosial. Terutama, setelah unggahan video di media sosial yang menunjukkan bagian tengah atau dek motor skutik Honda BeAT patah.

Diduga, patahnya akibat rangka yang berkarat hingga keropos, sehingga tak dapat menahan beban motor. Hal ini lah yang membuat unggahan video tersebut viral dan mendapat beragam komentar dari warganet.

Mengenal Rangka eSAF

eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) merupakan rangka yang terbilang baru untuk motor-motor skuter matik (skutik) Honda. Pertama dipakai di motor Honda Genio pada 2019.

Proses pembuatan rangka eSAF dilakukan di kawasan MM2100 Cikarang, Jawa Barat. Klaimnya, sudah memakai teknologi baru. Rangka eSAF dibuat dengan lembaran pelat baja yang kemudian di-press dan dilas menggunakan alat las laser yang diklaim dapat meminimalisir deformasi. Berbeda dengan rangka motor lainnya yang menggunakan pipa.



Penggunaan teknologi rangka baru eSAF diklaim membuat motor semakin ringan, lincah, dan nyaman untuk dikendarai. Hal ini juga berpengaruh pada konsumsi bahan bakar serta performa yang dihasilkan.

Rangka eSAF Bikin Bagasi Lebih Luas, Motor Terasa Ringan

Rangka eSAF diklaim dapat memberi manfaat pada ruang lebih besar pada bagasi, karena bodi yang semakin efisien. Untuk Honda Genio, kapasitas bagasinya mencapai 4 liter, dan kapasitas tangki bahan bakarnya sebesar 4,2 liter.

Nah, saat ini ada empat model motor Honda yang menggunakan rangka eSAF. Mereka adalah :

1. Honda Genio
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More