Kenapa Ban Tubeless Sering Kempes? Kenali 7 Hal yang Jadi Penyebabnya

Kamis, 24 Agustus 2023 - 10:34 WIB
Banyak faktor yang dapat membuat ban tubeless sering kempes. Salah satunya karena kerusakan pada pelek. Foto/Freepik
JAKARTA - Ada banyak faktor yang dapat membuat ban tubeless sering kempes. Untuk menghindari kondisi tersebut, perlu diperhatikan sejumlah kemungkinan penyebabnya.

Penggunaan ban tubeless cukup populer di kalangan pengendara. Banyak yang menganggap bahwa ban tubeless lebih awet dan tahan bocor dari ban biasa.

Meski demikian, tak jarang pengguna ban tubeless mengeluhkan kondisinya yang sering kempes. Terkait hal ini, terdapat sejumlah faktor yang menjadi penyebab ban tubeless kempes. Simak ulasannya berikut.

Penyebab Ban Tubeless Sering Kempes



1. Sempat Tertusuk Benda Tajam





Ban tubeless bisa menjadi sering kempes karena mungkin pernah tertusuk benda tajam ketika berada di jalanan. Misalnya, tertancap sebuah paku.

Mengutip laman Suzuki, paku yang menancap mungkin bisa diambil dengan mudah. Namun, tusukan paku itu akan menyisakan celah yang nantinya membuat angin di dalam ban keluar secara perlahan.

Untuk memastikannya, pemilik kendaraan bisa meneteskan air sabun ke tempat ban yang telah tertusuk paku. Jika muncul gelembung kecil, maka kemungkinan ada lubang kecil yang membuat ban sering kempes. Solusinya adalah segera menambalnya.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More