Nomor Rangka Motor Gunanya untuk Apa? Ini Jawabannya

Senin, 27 November 2023 - 17:39 WIB
Nomor rangka motor mengandung informasi tentang pabrikan, negara asal, jenis, model, tahun pembuatan, dan nomor urut produksi motor. Foto/Istimewa
JAKARTA - Nomor rangka motor merupakan nomor identitas yang diberikan oleh pabrikan kepada setiap kendaraan bermotor yang diproduksi. Nomor tersebut biasanya terletak di bagian bawah tangki bensin, di bawah jok, atau di samping kanan-kiri mesin.

Nomor rangka motor terdiri dari 17 karakter alfanumerik yang mengandung informasi tentang jenis, model, tahun pembuatan, dan spesifikasi teknis motor. Nomor tersebut akan tercantum di Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).



Meski nomor tersebut terkesan rumit dan aneh, setiap nomor rangka motor ternyata bakal berguna untuk setiap pemilik kendaraannya. Adapun kegunaan dari nomor rangka motor adalah sebagai berikut.

Kegunaan Nomor Rangka Motor





1. Bukti Kepemilikan Kendaraan



Nomor rangka motor adalah kode unik yang hanya dimiliki oleh satu kendaraan saja. Jika ada dua kendaraan yang memiliki nomor rangka yang sama, maka salah satu dari keduanya pasti palsu atau hasil curian.

2. Mengidentifikasi Kendaraan



Nomor rangka motor bisa digunakan untuk mengidentifikasi kebenaran asal dan tahun produksi motor baru yang sedang dipromosikan. Nomor rangka motor mengandung informasi tentang pabrikan, negara asal, jenis, model, tahun pembuatan, dan nomor urut produksi motor.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More