8 Komponen Mobil yang Wajib Dicek setelah Perjalanan Jarak Jauh

Senin, 01 Januari 2024 - 08:50 WIB
Usai perjalanan jarak jauh, sejumlah komponen penting mobil harus dicek. (Foto: Dokter Mobil)
JAKARTA - Usai perjalanan jarak jauh, sejumlah bagian penting mobil harus dicek demi keamanan dan kenyamanan. Sebab, perjalanan jarak jauh sangat berpengaruh pada kondisi mobil baik dari sisi mesin maupun kebersihan kabin.

Perjalanan jauh membuat mesin bekerja keras. Kondisi kabin mobil juga sangat terdampak. Penumpang juga biasanya mengisi waktu perjalanan dengan menyantap kudapan atau snack yang tersedia. Walhasil, kabin mobil jadi kotor dan bisa memicu aroma tak sedap.

Nah, agar kondisi mobil jadi kembali seperti semula, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, dikutip dari Dokter Mobil, Senin (1/1/2023).

1. Cek Kondisi Oli



Pastikan level oli pada mobil masih mencukupi dan tidak terlalu kotor. Jika oli terlihat kotor, segera ganti. Kotoran pada oli dapat mempercepat keausan pada mesin dan mengurangi kinerja mesin.





2. Periksa Air Radiator



Air radiator pada mobil berfungsi sebagai pendingin mesin. Setelah menempuh perjalanan jauh, pastikan air radiator pada mobil masih mencukupi dan tidak terdapat kebocoran pada sistem pendingin mesin. Jika air radiator kurang atau terdapat kebocoran, segera ganti atau perbaiki sistem pendingin mesin.

3. Periksa Kondisi Ban

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More