Tips Perawatan Mesin Skutik Agar Performa Optimal: Ganti Oli dan Gunakan Engine Flush

Jum'at, 09 Februari 2024 - 13:14 WIB
Ganti oli dan penggunaan engine flush menjadi salah satu cara untuk merawat mesin skutik agar lebih awet. Foto: PT Autochem
JAKARTA - Model skuter matik (skutik) tetap menjadi pilihan utama dalam penjualan sepeda motor pada 2023, dengan data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) awal Januari 2024 mencatat bahwa skutik menyumbang sebanyak 89,73% dari total penjualan sepeda motor.

Dengan popularitasnya, merawat skutik secara rutin menjadi krusial untuk menjaga performa maksimalnya. Nah, berikut tips untuk menjaga agar performa skutik tetap maksimal saat digunakan harian:

1. Ganti Oli Secara Berkala

Manager Promosi PT Autochem Industry Dhany Ekasaputra mengatakan, ganti oli secara rutin penting untuk menjaga kinerja mesin kendaraan. Namun, selain ganti oli, perlu ada perawatan tambahan agar kondisi internal mesin tetap optimal, terutama karena skutik seringkali bekerja di putaran mesin yang tinggi. Ada sejumlah komponen yang lokasinya di dalam mesin juga perlu perawatan rutin.

“Karena posisinya di dalam mesin, perlu perawatan khusus agar performa skutik tetap bisa optimal,” ungkapnya.



2. Penggunaan Engine Flush

Jika jarak tempuh per hari sekitar 20-50 km, tentu waktu penggantian oli mesin dapat dilakukan setiap satu setengah hingga dua bulan sekali. Apalagi bagi motor yang belum dilengkapi dengan fitur oil trip, tentu satuan waktu menjadi lebih mudah untuk diingat.

Namun terkadang, pemilik motor masih lalai dalam mengganti oli mesin sehingga berdampak pada tumpukan residu di komponen dalam mesin. Aditif dan base oil pada pelumas mesin yang telah masa pakainya menjadi penyebab hadirnya residu tersebut.

Dhany menekankan pentingnya penggunaan engine flush setiap 2–3 kali penggantian oli mesin untuk mencegah tumpukan residu di dalam mesin.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More