Tips Mobil Awet, Ketahui 5 Penyebab Tekanan Kompresi Mesin Turun

Kamis, 30 Mei 2024 - 10:05 WIB
Penyebab tekanan kompresi mesin turun sangat beragam. (Foto: Honda)
JAKARTA - Performa mesin mobil menjadi hal utama bagi pengendara. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi, salah satunya tekanan kompresi mesin turun.

Penyebab tekanan kompresi mesin turun sangat beragam. Pengaruhnya pada mesin sangat besar karena terkait dengan tekanan di dalam ruang bakar yang membuat campuran bahan bakar dan udara semakin mudah terbakar. Ketika muncul potensi tekanan kompresi mesin turun ataupun lebih rendah dari standar, maka campuran bahan bakar dan udara lebih sulit terbakar.

Tekanan kompresi mesin turun di salah satu silinder bisa menyebabkan misfire dan akselerasi menurun. Saat kompresi turun di semua silinder, mesin tidak bisa dinyalakan sehingga problem ini perlu segera diselesaikan untuk mencegah kerusakan mesin lebih lanjut. Penyebab tekanan kompresi mesin turun ini terjadi karena beberapa faktor.



Melansir laman resmi Deltalube, Kamis (30/5/2024) simak beberapa faktor utama penyebab tekanan kompresi mesin turun.



1. Ring piston aus



Gesekan ring piston dengan dinding silinder lama kelamaan menyebabkan aus. Bila ring piston mengalami keausan dapat menyebabkan terjadinya kebocoran tekanan kompresi mesin.

2. Pemuaian celah katup kompresor



Temperatur tinggi biasanya membuat katup kompresor memuai. Bila celah katup terlalu rapat maka tidak ada ruang untuk pemuaian sehingga walau poros nok tidak menekan rocker arm, katup tidak bisa tertutup rapat.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More