Nissan Kenalkan Cat yang Bisa Ubah Panas Menjadi Dingin

Minggu, 11 Agustus 2024 - 16:18 WIB
Nissan hadirkan cat canggiih. FOTO/ DAILY
TOKYO - Setelah berbulan-bulan diuji, cat khusus Nissan dengan fungsi pendingin tampaknya membuahkan hasil positif.



Teknologi baru ini merupakan hasil kolaborasi Nissan dengan Radi-Cool yang ahli di bidang teknologi pendingin radioaktif. Tujuan mereka adalah menghasilkan cat kendaraan yang mampu menghilangkan panas dengan cepat.



Seperti dilansir dari Autopro, Pengujian yang mereka lakukan nampaknya berhasil menurunkan suhu luar sebesar 12 derajat Celcius dan 5 derajat Celcius di interior kabin. .

Teknologi baru ini akan membantu dunia otomotif menjadi lebih efisien karena dapat mengurangi penggunaan energi untuk mendinginkan kendaraan terutama di cuaca panas.

Dalam kondisi panas, sistem AC harus bekerja keras untuk mendinginkan interior sekaligus menambah beban pada mesin. Bagaimana dengan kendaraan EV? Lebih buruk lagi karena konsumsi energi yang berlebihan akan semakin mengurangi jarak pengoperasian Anda.

Nissan sudah menguji cat barunya ini di kaki bukit Bandara Haneda sejak November lalu. Tempat yang cocok karena kendaraan diparkir di area terbuka yang tentunya panas di area bandara. Berbeda dengan kendaraan biasa, kendaraan yang dicat dengan lapisan cat khusus ini terbukti lebih sejuk luar dan dalam.

Meskipun pengujian ini membuahkan hasil, masih banyak penelitian yang harus dilakukan sebelum dapat digunakan di mobil Anda. Ingat, cat yang diuji kini memiliki ketebalan 120 mikron. Setara dengan enam kali ketebalan cat mobil biasa.

Tak hanya itu, mereka juga berupaya memproduksi cat dengan warna berbeda. Ingat tidak semua orang menyukai mobil berwarna putih.

Padahal, sebelumnya Nissan sempat menyebut cat ini menyasar kendaraan niaga seperti van pengantar barang dan truk jarak jauh. Namun tidak ada yang mustahil di dunia ini. Salah 4 tahun dari sekarang bahkan mobil penumpang biasa pun bisa menggunakan cat khusus ini.
(wbs)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More