Nissan Leaf Terbakar di Australia Gara-gara Kabel Charger Abal-abal

Rabu, 02 Oktober 2024 - 06:35 WIB
Nissan Leaf di Australia terbakar karena kabel charger yang tidak sesuai standar. Foto: ist
AUSTRALIA - Mobil listrik Nissan Leaf terbakar saat sedang diisi daya di garasi sebuah rumah di Melbourne, Australia. Namun, pihak berwenang menyatakan bahwa kebakaran tersebut bukan disebabkan oleh kesalahan pada mobil. Namun, karena penggunaan kabel charger pihak ketiga yang tidak standar.

Kronologi Kejadian

Insiden ini terjadi pada pekan lalu di wilayah Glen Waverley, Melbourne. Tim pemadam kebakaran Fire Rescue Victoria dipanggil ke lokasi kejadian setelah menerima laporan adanya mobil listrik yang terbakar.



Saat tiba di lokasi, api telah menghanguskan Nissan Leaf dan garasi berukuran 10x5 meter tempat mobil tersebut diparkir. Dua orang dan seekor anjing berhasil dievakuasi dari rumah tersebut.

Hasil Investigasi

Setelah melakukan investigasi, Unit Investigasi Kebakaran Victoria menyimpulkan bahwa penyebab kebakaran adalah “adaptor travel yang terhubung ke kabel charger pihak ketiga yang digunakan untuk mengisi daya mobil”.

Kebakaran tersebut tidak hanya menghancurkan Nissan Leaf, tetapi juga merusak mobil Hyundai Genesis yang terparkir di sebelahnya.

Peringatan bagi Pemilik EV

Fire Rescue Victoria menggunakan kejadian ini sebagai peringatan bagi para pemilik mobil listrik mengenai bahaya penggunaan charger dan kabel pihak ketiga yang tidak standar, serta peralatan yang tidak memiliki tanda kesesuaian regulasi.

Mereka juga mengingatkan pemilik EV untuk selalu mengikuti petunjuk pabrikan saat mengisi daya mobil listrik mereka.

Kabel Charger Standar vs. Pihak Ketiga

Nissan menyediakan kabel EVSE mode 3 untuk Leaf baru, tetapi tidak menyertakan kabel charger portabel (granny cable) untuk digunakan dengan stopkontak rumah tangga standar. Namun, Nissan menjual kabel tersebut sebagai aksesori di dealer resminya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More