Toyota Sumbang 60% Ekspor Otomotif Indonesia, Model Hybrid Mendominasi!

Jum'at, 11 Oktober 2024 - 20:04 WIB
Sebanyak 6.978 Kijang Innova Zenix HEV serta 4.010 Yaris Cross HEV diterima dengan baik oleh konsumen pasar global di kawasan Asia, Amerika Latin, Timur Tengah, dan Afrika. Foto: TMMIN
JAKARTA - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) berhasil mempertahankan kinerja ekspor kendaraan otomotif nasional di 2024 ditengah lesunya ekonomi dalam negeri.

Wakil Presiden Direktur PT TMMIN Bob Azam mengatakan, TMMIN terus berfokus meningkatkan performa ekspor produk otomotif buatan dalam negeri. “Ini antara lain melalui pengembangan produk, perluasan pasar, serta penambahan volume ekspor untuk memenuhi permintaan global yang semakin kompetitif, salah satunya lewat kendaraan elektrifikasi,” beber Bob.

Elektrifikasi Lokal Diterima di Mancanegara



Bob Azam menyebut, inovasi teknologi kendaraan elektrifikasi Toyota produksi lokal diterima dengan baik di pasar internasional. “Tentu ini jadi pilar yang menguatkan posisi industri otomotif Indonesia sebagai basis produksi dan ekspor,” beber Bob.

Menurut data GAIKINDO, sepanjang Januari hingga Agustus 2024 ekspor kendaraan utuh Toyota produksi dalam negeri tercatat menyumbangkan sekitar 177.690 unit, berkontribusi 59% terhadap total ekspor industri otomotif nasional, yang mencapai 298.691 unit.

Mobil mana saja terlaris di ekspor? Kijang Innova (ICE dan HEV), Veloz, Fortuner, dan Yaris Cross (ICE dan HEV) menjadi primadona ekspor dari PT TMMIN.

Sementara itu, dua line up kendaraan elektrifikasi Toyota yaitu Kijang Innova Zenix HEV dan Yaris Cross HEV berhasil diekspor hingga 10.988 unit, atau berkontribusi 6.2% terhadap total kinerja ekspor Toyota.

Rinciannya, 6.978 Kijang Innova Zenix HEV serta 4.010 Yaris Cross HEV. Keduanya dipasarkan di kawasan Asia, Amerika Latin, Timur Tengah, dan Afrika.

Kinerja Ekspor TMMIN Sepanjang 2024

- Januari-Agustus 2024: 177.690 unit
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More